Berkat AirPods, Apple Mulai Kuasai Pasar Headphone

Telset.id, Jakarta – Apple selama ini dikenal dengan produk-produk teknologi canggihnya yang laris manis di pasaran, seperti iPhone, Apple Watch, iPad dan juga MacBox. Tetapi ternyata tak hanya itu, Apple juga tercatat sebagai pemimpin pasar headphone, berkat produknya, AirPods.

Laporan terbaru dari lembaga survey MIDiA Research mengungkap bahwa Apple kini memimpin pasar headphone di dunia.

Hasil survey ini cukup mengejutkan, karena selama ini di industri headphone ada merek-merek yang lebih terkenal, seperti Bose, Sennheiser, Audio Technica, Sony dan sebagainya.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo, Selasa (06/11/2018), ada beberapa hal yang membuat headphone Apple terkenal dan laris di pasaran. Yakni karena sebagian produk Apple, khususnya iPhone, memaketkan sepasang EarPod gratis kepada pengguna.

Selain itu produk headphone Apple yang bernama AirPods turut menjadi aksesoris populer bagi pengguna iPhone karena memiliki kualitas suara yang bertenaga.

Selain itu akuisisi Beats oleh Apple juga berpengaruh terhadap industri headphone itu sendiri. Walaupun akuisisi tersebut mendapat kritik tetapi berkait akusisi tersebut membuat target pasar Apple meningkat hingga 24 % sehingga mereka berada di depan Sony yang menguasai 22 % pangsa pasar.

Secara garis besar pasar headphone sendiri masih dikuasai oleh pemain lama. Setelah Apple dan Sony ada vendor Panasonic yang berada di urutan ketiga diikuti oleh Bose dan kemudian Skullcandy di posisi kelima. Tetapi penelitian tersebut cukup mengejutkan bagi industri headphone di dunia.

Sebelumnya pihak Apple menyatakan jika mereka sedang mempersiapkan AirPods model terbaru. Menurut informasi, harganya akan lebih mahal ketimbang versi sebelumnya, karena telah dilengkapi beberapa teknologi baru.

Dikutip Telset.id dari The Verge, AirPods model baru bakal dilengkapi teknologi anti-bising. Tak cuma itu, AirPods baru juga akan dilapisi dengan lapisan tahan air.

Meski demikian, AirPods hanya tahan dari keringat dan air hujan. AirPods tidak bisa dipakai berenang, mandi, maupun berendam atau menyelam di dalam air.

Sumber menyatakan bahwa Apple kemungkinan juga menambahkan sensor biometrik AirPods baru. Fungsinya untuk membantu pengguna mendeteksi gangguan kesehatan.

Sumber yang sama juga mengemukakan bahwa AirPods terbaru bakal dilengkapi casing yang mendukung teknologi wireless charging atau pengisian daya tanpa kabel. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI