Apple Watch Berhasil Selamatkan Pengguna dari Kompor Panas

Telset.id, Jakarta – Lagi-lagi, Apple Watch berhasil menyelamatkan penggunanya dari kejadian yang tidak diinginkan. Baru-baru ini, seorang pengguna bernama Gustavo Rodriguez selamat kemungkinan peristiwa kebakaran yang bisa saja merenggut nyawanya.

Semuanya berawal ketika pria berusia 34 tahun ini sedang memasak. Namun tiba-tiba, ia merasakan sakit punggung luar biasa yang membuatnya jatuh ke lantai, tepat di depan kompor panas yang digunakannya.

Fitur Fall Detection pada Apple Watch Series 4 secara otomatis mendeteksi bahwa Rodriguez telah jatuh, dan kemudian membunyikan alarm untuk menyadarkan Rodriguez, agar segera meminta bantuan.

Meski iPhone miliknya berada di ruangan lain, ia tetap dapat menghubungi ibu mertuanya untuk dimintai pertolongan. Selang beberapa lama, Rodriguez langsung diantarkan ke rumah sakit untuk dilakukan tindakan pertolongan.

Dilansir Telset.id dari phoneArena, Senin (29/10/2018), peristiwa ini langsung memberikan anggapan bahwa fitur Fall Detection pada Apple Watch Series 4 benar-benar berfungsi dengan baik, dan dapat menyelamatkan hidup seseorang.

Sekadar informasi, Fall Detection merupakan sistem khusus dari Apple yang dirancang untuk mendeteksi pengguna ketika jatuh, dan tidak dapat berdiri kembali. Ketika terdeteksi, Apple Watch akan mencoba memperingatkan pengguna dan memberikan mereka beberapa opsi untuk menghubungi kontak darurat.

Jika smartwatch itu tidak mendeteksi pergerakan selama sekitar satu menit, otomatis Apple Watch Series 4 akan melakukan panggilan telepon ke kontak darurat agar segera memberikan pertolongan.

Fitur ini secara default akan aktif untuk pengguna berusia 65 tahun ke atas. Sementara untuk pengguna yang lebih muda, dapat mengaktifkannya secara manual, sesuai keinginan mereka.

Sebelumnya, Apple Watch berhasil membantu menyelamatkan nyawa manusia. Saat dalam penerbangan, mantan karyawan Apple bernama Brian Shear menemukan seorang wanita pingsan. Bersama dokter dan penjaga pantai, ia mencoba memberi pertolongan.

Kala pesawat mendarat, rekaman denyut nadi di Apple Watch diserahkan ke dokter. Data denyut nadi hasil pantauan kemudian dipakai sebagai sarana analisa bagi tim medis untuk penanganan korban, dan dinilai cukup membantu dokter dalam menganalisa kesehatan korban. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -