450 Video Sadis Pengeroyokan Suporter Persija Dihapus

Telset.id, Jakarta –  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memblokir 450 URL yang terkait video pengeroyokan suporter Persija Haringga Sirla oleh para Bobotoh atau pendukung Persib Bandung.

Menurut Menkominfo Rudiantara, pemblokiran tersebut dilakukan karena konten video tersebut dianggap sangat tidak layak untuk ditonton masyarakat Indonesia. Pembersihan itu dilakukan sejak Senin (24/9) sampai hari ini, Rabu (26/9).

“Sudah 450 URL yang kami block, karena video itu justru tidak bagus untuk masyarakat lihat,” ucap Rudiantara di acara Peluncuran 41 Buku Literasi Digital di Kantor Kominfo, Rabu (26/9/2018)

Selain itu, lanjut Rudiantara, pihaknya juga akan bertemu dengan mantan Direktur Marketing dan Promosi PT Persib Bandung Bermatabat, M. Farhan. Hal ini terkait adanya indikasi jika ada unsur kesengajaan dalam menyebarkan video tersebut.

Baca juga: Kominfo Minta Medsos Hapus Video Pengeroyokan Suporter Persija

“Misalnya suporter klub A harus berani gebukin, lalu ada klub yang lain viralin, itu baru suporter jagoan. Itukan gak bener, makanya nanti sore mau ketemu sama Farhan (untuk memastikan informasi tersebut),” ucapnya.

Menurut Rudiantara, tidak menutup kemungkinan bahwa fenomena semacam itu masuk juga ke dalam tindakan kriminal. Nantinya pihak kepolisian yang akan menelusuri ada unsur kesengajaan dan masuk tindak kriminal.

“Ya itu nanti kalau modusnya kayak gitu, dan polisi juga bisa masuk kesana, maka bisa dianggap kriminal,” ucap Rudiantara.

Baca juga: Tiga Bulan Bersih-bersih, YouTube Hapus 8 Juta Video

Rudiantara berharap jika pihak kepolisian juga harus tanggap dalam menyelesaikan kasus tersebut. Ia mengatakan bisa jalan bersama dengan kepolisian, tidak hanya penindakan di dunia maya saja.

“Jadi kami harap penindakannya tidak hanya di dunia maya. Sekarang saja sudah 400 lebih URL yang diblok, tapi di dunia nyata juga harus ada tindakan, dan itu harus melibatkan polisi,” ucap Rudiantara

Sebelumnya, Haringga Sirla seorang anggota The Jakmania (sebutan untuk supporter Persija) asal Cengkareng, harus meregang nyawa, setelah menjadi korban pengeroyokan oleh oknum bobotoh.

Peristiwa sadis ini terjadi menjelang laga Liga 1 antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9).

Baca juga: Jokowi Unggah Video Soal Rohingnya di YouTube, Apa Katanya ?

Peristiwa maut yang dilakukan oknum bobotoh itu sempat direkam seorang penonton dengan menggunakan kamera ponsel. Dalam video itu terlihat sejumlah oknum bobotoh sangat beringas dan kesetanan menganiaya korban.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana membenarkan korban dianiaya berkali-kali. Penganiayaan dilakukan menggunakan tangan kosong, kaki hingga benda-benda tumpul, seperti balok, helm, kaca dan lain sebagainya. Penganiayaan itu mengakibatkan korban meninggal dunia di TKP.

Menurut informasi yang dilansir dari Antara, aparat kepolisian dari Polrestabes Bandung berhasil menangkap 16 oknum suporter Persib Bandung, tujuh orang diantaranya ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya Haringga Sirla di tempat kejadian.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI