Jack Ma Janji Tak akan Kembali ke Alibaba

Telset.id, Jakarta – Jack Ma menegaskan tak akan kembali ke Alibaba setelah resmi mengundurkan diri di tahun depan. Bahkan, ia tak akan kembali meski penggantinya, yakni Daniel Zhang sedang menghadapi kesulitan ketika memimpin perusahaan yang ia bangun sejak tahun 1999 tersebut.

Pendiri sekaligus pimpinan Alibaba itu dipastikan akan mundur dari jabatannya pada tahun depan. Alasannya, dia ingin fokus mendalami bidang filantropi dan pendidikan untuk membantu warga di China. Meski tak memimpin Alibaba lagi, Ma berharap dia tetap bisa berkomunikasi dengan raksasa e-commerce itu.

Baca Juga : Pendiri Alibaba, Jack Ma Pensiun Dini 

“Saya tidak akan kembali, karena saya tidak merasa seperti saya pergi,” kata Ma pada konferensi Forum Ekonomi Dunia di Tianjin, China seperti yang dilansir CNBC, Kamis (20/09/2018).

Ma punya banyak rencana setelah pensiun dari Alibaba. Salah satu di antaranya, ia ingin mengunjungi banyak tempat untuk mengajar dan memberikan motivasi agar semua orang bisa meraih kesuksesan.

Ia telah membayangkan akan mendidik banyak anak muda untuk meraih mimpi mereka selama 15 tahun kedepan. Setelah itu dirinya akan berlibur ke pantai sambil mendengarkan berita tentang kesuksesan Alibaba di masa depan.

“Di usia 80-an atau 90-an, mungkin saya di pantai, mendengarkan radio, dan berita mengatakan bahwa Alibaba sungguh luar biasa, saya akan sangat bahagia,” ucap Ma.

Jack Ma sendiri menyamakan Alibaba seperti seorang anak yang sudah beranjak dewasa, dan harus menghadapi kehidupan bermasyarakat sendirian. Layaknya orangtua, ia akan selalu mengawasi dan menjaga Alibaba.

“Orang tua selalu ada di sana, tetapi anak itu harus mengalaminya sendiri,” ujarnya.

Baca Juga : Alibaba Batal Buka 1 Juta Lowongan Pekerjaan, Kenapa?

Sebelumnya, Jack Ma menjadi sorotan karena mengatakan kepada kantor berita China, Xinhua bahwa perusahaannya tidak lagi berencana untuk menciptakan 1 juta pekerjaan baru di Amerika Serikat karena meningkatnya ketegangan antara AS dan Tiongkok.

“Tentu saja Anda berada dalam pandangan yang buruk … tetapi itu adalah kasus yang sama untuk pesaing Anda,” ucap Ma.

“Anda tidak perlu melakukan banyak hal, tetapi Anda harus melakukan sesuatu yang benar,” lanjutnya. (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI