Unik! Ilmuwan Temukan Gunung Berapi Es di Ceres

Telset.id, Jakarta – Gunung berapi es ditemukan di Planet Ceres. Penelitian terbaru menunjukan jika planet kecil yang berada di antara Mars dan Jupiter tersebut adalah rumah bagi puluhan gunung berapi yang memuntahkan air es dan gas yang dikenal sebagai “Cryomagma”.

Ini terdengar cukup mengerikan, karena gunung berapi biasanya menyemburkan lahar panas. Penelitian tentang planet Ceres sendiri telah berlangsung sejak tahun 2015 silam.

Pesawat ruang angkasa NASA Dawn memasuki orbit di sekitar Ceres untuk mengambil gambar. Penyelidikan dilakukan untuk mencari pandangan paling komperhensif terkait planet kerdil tersebut. Hasilnya pun mulai tampak.

Baca juga: Ilmuwan Siap Bangun “Rumah Igloo” di Planet Mars 

Dilansir dari CNET, para ilmuwan mengatakan bahwa ada deretan gunung api dengan permukaan kawahnya yang membentang sejauh 2,5 mil ke langit yang dijuluki sebagai “Ahuna Mons”.

Kemudian setelah diteliti lebih lanjut Ahuna Mons adalah fenomena geologis yang dikenal dengan istilah “Cryovolcano” atau gunung berapi es.

Penelitian terbaru, yang diterbitkan pada Senin (16/9) kemarin di Nature Astronomy menunjukkan, bahwa Ahuna Mons bukan hanya anomali yang menakjubkan, tetapi planet Ceres mungkin memiliki puluhan cryovolcanoes yang tersebar di permukaannya.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter 

Dengan menggunakan komputer dan gambar yang diambil dari pesawat ruang angkasa NASA Dawn, tim peneliti yang berbasis di AS mampu mengidentifikasi 22 kubah yang mereka duga mungkin telah aktif sejak lama.

Diameter rata-rata kubah tersebut berkisar dari sekitar 10 hingga 54 mil. Yang menarik, para peneliti menduga Cryovolcanoes tidak hanya terbatas pada Ceres.

Analisis menilai jika Bulan, Pluto dan Saturnus, Enceladus dan Titan mungkin saja terdapat gunung berapi es. Walaupun begitu saat ini para ilmuwan masih berfokus terkait fenomena gunung berapi es di Ceres.

Meskipun banyak informasi yang diperoleh NASA Dawn, Ceres tetap cukup misterius. Saat ini NASA Dawn masih mengorbit di Ceres dan tidak menutup kemungkinan jika fenoma unik akan muncul kembali di sana.

Baca juga: Falcon 9 Akhirnya Meluncur Bersama “Si Pemburu Planet” 

Pada Rabu kemarin (19/9/2018), fenomena unik juga terjadi di luar angkasa. Badan Antariksa Eropa atau ESA merilis foto yang menunjukan bahwa telah terjadi badai debu di planet Mars. Informasi tersebut diterima melalui pesawat luar angksa ExoMars Trace Gas Orbiter.

Dari foto yang dirilis terlihat ada goresan-goresan yang tampaknya dari Badai Debu. Pihak ESA pun menamai foto tersebut dengan tulisan “Dust Devil Terlihat di Planet Mars”. [NM/HBS]

Sumber: CNET 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Giliran Blibli Donasi APD untuk Petugas Medis Covid-19

Telset.id, Jakarta - Blibli turut memberikan donasi berupa alat pelindung diri atau APD untuk para petugas medis yang menangani...

Zoom Bantah Jual Data Pribadi Pengguna ke Facebook

Telset.id, Jakarta - Diterpa isu tak sedap soal privasi data, aplikasi video conference Zoom akhirnya buka suara. Zoom secara...

Rekomendasi 5 Senjata Terbaik dan Mematikan di COD Mobile

Telset.id - Call of Duty Mobile merupakan salah satu game FPS yang digemari para gamers Android dan iOS. Dalam COD...

Gerakan #BetterAtHome, Pesan HP Terbaru Oppo Bisa via WhatsApp

Telset.id, Jakarta - Oppo mengkampanyekan gerakan #BetterAtHome sebagai dukungan atas imbauan pemerintah untuk mencegah pandemi virus corona atau Covid-19...

Erajaya Diskon Harga iPhone XS di Eraspacetival, Sampai Rp 5 Juta!

Telset.id, Jakarta - Erajaya Group resmi menyelenggarakan Eraspacetival, sebuah festival gadget online yang diadakan melalui platform eraspace. Ada banyak diskon yang...
- Advertisement -