Unik! Ilmuwan Temukan Gunung Berapi Es di Ceres

Telset.id, Jakarta – Gunung berapi es ditemukan di Planet Ceres. Penelitian terbaru menunjukan jika planet kecil yang berada di antara Mars dan Jupiter tersebut adalah rumah bagi puluhan gunung berapi yang memuntahkan air es dan gas yang dikenal sebagai “Cryomagma”.

Ini terdengar cukup mengerikan, karena gunung berapi biasanya menyemburkan lahar panas. Penelitian tentang planet Ceres sendiri telah berlangsung sejak tahun 2015 silam.

Pesawat ruang angkasa NASA Dawn memasuki orbit di sekitar Ceres untuk mengambil gambar. Penyelidikan dilakukan untuk mencari pandangan paling komperhensif terkait planet kerdil tersebut. Hasilnya pun mulai tampak.

Baca juga: Ilmuwan Siap Bangun “Rumah Igloo” di Planet Mars

Dilansir dari CNET, para ilmuwan mengatakan bahwa ada deretan gunung api dengan permukaan kawahnya yang membentang sejauh 2,5 mil ke langit yang dijuluki sebagai “Ahuna Mons”.

Kemudian setelah diteliti lebih lanjut Ahuna Mons adalah fenomena geologis yang dikenal dengan istilah “Cryovolcano” atau gunung berapi es.

Penelitian terbaru, yang diterbitkan pada Senin (16/9) kemarin di Nature Astronomy menunjukkan, bahwa Ahuna Mons bukan hanya anomali yang menakjubkan, tetapi planet Ceres mungkin memiliki puluhan cryovolcanoes yang tersebar di permukaannya.