Apple Watch Series 4 Goyang Saham Fitbit

Telset.id, Jakarta – Apple baru saja meluncurkan jam tangan pintar terbarunya, Apple Watch Series 4. Kabar itu tentu saja menjadi kabar gembira bagi penggemar Apple. Tapi ternyata kabar itu justru menjadi kabar buruk bagi pembuat fitness tracker, Fitbit. Kenapa?

Tak lama setelah peluncuran Apple Watch terbaru, harga saham Fitbit langsung anjlok hingga hampir tujuh persen. Faktor penurunan ini karena investor yang khawatir konsumen banyak lebih memilih menggunakan Apple Watch terbaru ketimbang Fitbit.

Kekhawatiran investor cukup beralasan. Sebab, Apple Watch Series 4 memiliki beberapa fitur baru yang fokus kepada kesehatan. Apple Watch Series 4 mempunyai fasilitas fitur kesehatan yang ada di Fitbit.

Baca juga: Apple Watch Series 4, Smartwatch Terpintar Saat Ini

Satu fitur anyar di Apple Watch Series 4 adalah tes EKG (elektro kardio gram) yang bisa digunakan untuk mendeteksi kelainan jantung. EKG juga dapat digunakan untuk memeriksa aktivitas elektrik jantung.

Menurut laporan CNET, EKG di Apple Watch Series 4 telah mendapatkan persetujuan dari Food and Drug Administration atau lembaga obat dan makanan di Amerika Serikat.

Cara kerja EKG di Apple Watch Series 4 sangat sederhana. Pengguna cukup meletakkan jari di tombol dan arus listrik akan melewati jantung untuk melacak sinyal elektrik.

Baca juga: Peneliti: Apple Watch Bisa Mendeteksi Penyakit Jantung

Proses tersebut memakan waktu sekitar 30 detik dan pengguna akan langsung mendapatkan notifikasi jika jantung ternyata berdetak secara normal.

Apple Watch Series 4 juga dilengkapi fitur yang bisa mendeteksi jika pengguna jatuh. Apple Watch Series 4 bisa tahu ketika pengguna jatuh dan tidak bisa bangkit kembali. [BA/HBS]

Sumber: CNET

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI