Duh! Pelanggan Airbnb Temukan Kamera Tersembunyi di Kamar

Telset.id, Jakarta – Hati-hati jika Anda menginap di kamar apartemen yang dipesan melalui aplikasi online pemesanan penginapan kamar. Pastikan, tidak ada kamera tersembunyi di kamar yang Anda sewa. Kejadian kurang mengenakkan ini dialami sepasang kakasih yang menggunakan jasa Airbnb.

Sepasang kekasih asal Inggris ini mengklaim telah menemukan kamera rahasia yang disembunyikan di sebuah jam digital di sebuah kamar apartemen yang mereka sewa melalui Airbnb, di Toronto, Kanada.

Dougie Hamilton dan pacarnya mengatakan kamera tersembunyi itu diarahkan ke tempat tidur kamar yang mereka sewa.

Wanita berusia 34 tahun ini menuturkan beberapa menit setelah masuk ke kamar, pandangannya tertuju pada sebuah jam digital kecil di atas meja.

Baca juga: Hati-hati, WiFi Hotel Beresiko Terdapat Malware!

Ia teringat dengan video YouTube tentang kamera ‘spy’ yang biasanya disembunyikan dalam berbagai bentuk benda. Dougie kemudian menyelidiki jam digital yang dia curigai.

”Kami mengalami hari yang sangat sibuk di sekitar kota dan akhirnya tiba ke Airbnb dan kami pokir kami bisa bersantai. Saya sedang berbaring di sofa dan melihat jam digital ini menghadap ke ruang tamu dan tempat tidur. Tiba-tiba muncul di pikiranku, video itu muncul di kepalaku, bayangkan jika itu adalah kamera mata-mata di jam,” katanya.

Baca juga: Asyik, Cari Hotel di Google Cukup Gesekkan Foto

Ia kemudian mengambil jam itu, dari samping, menghindari bila benar ada kamera tersembunyi di jam itu. Dia merasa takut, apabila menemukan lensa kecil yang mungkin telah merekamnya.

Setelah mengambil jam itu, dia kemudian melepas pengisi daya jam dan menemukan baterai lithium di bagian belakang perangkat. Setelah melepas baterai, tampilan depan jam mati dan tampak lensa kamera.

Setelah memastikan benar ada kamera tersembunyi di dalam jam, Dougie kemudian melaporkan ke Airbnb dan polisi di Kanada. Dalam catatanya, Dougie mengatakan bahwa Airbnb telah memberitahunya bahwa pemilik properti yang ia sewa memiliki enam properti lain dan ratusan ulasan dari penyewa, jadi sepertinya dirinya sangat beruntung.

Dougie, yang berasal dari Glasgow, memposting pengalamannya di Facebook pada 7 September 2018, lalu. “Jika Anda menggunakan Airbnb, maka Anda pasti ingin membaca ini dan mungkin berhenti menggunakannya,” tulisnya.

Baca juga: Yuk Intip 7 Hotel Tercanggih, Ada yang Pakai Pelayan Robot

Dalam postingannya itu, dia menjelaskan, bahwa ia dan pasangannya memesan kamar pada 6 September 2018, untuk satu malam di sebuah apartemen yang indah di pusat kota Toronto.

“Kami hanya 20 menit di tempat itu, setelah saya menemukan jam yang terhubung ke kawat seperti pengisi daya telepon yang tidak wajar. Saya merasa agak aneh bahkan memikirkannya dan aku terus mengatakan pada diriku sendiri agar tidak berpikir aneh-aneh. Tapi saya yakin ada sesuatu di sana,” katanya.

Dougie dan pacarnya yang meminta untuk tidak disebutkan namanya itu sudah melaporkan temuan menyeramkan itu kepada pihak kepolisian setempat. Seorang juru bicara kepolisian Toronto membenarkan adanya laporan dari pasangan tersebut.

“Kami telah menerima laporan mengenai apa yang tampak sebagai kamera video dalam jam di sebuah apartemen. Penyelidikan sedang berlangsung,” katanya.

Baca juga: Keren! Alienware Bikin Kamar Hotel Khusus Gamer, Seperti Apa?

Sementara itu, pihak Airbnb juga telah melakukan penyelidikan dan menawarkan pengembalian dana penuh kepada Dougie. Airbnb mengatakan perusahaan sangat memperhatikan masalah privasi dan tidak memberi toleransi terhadap kejadian ini.

“Kami telah menghapus host (pemilik properti) dari platform. Saat ini kami sudah melakukan penyelidikan dan memberikan dukungan penuh kepada tamu,” kata juru bicara dari Airbnb. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Pakai Facial Recognition, Polisi Malah Salah Tangkap

Telset.id, Jakarta  - Gara-gara sistem pengenalan wajah atau facial recognition, polisi lagi-lagi melakukan salah tangkap. Polisi keliru mencokok pelaku...

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...
- Advertisement -