Amazon Samai Apple Sebagai Perusahaan 1 Triliun Dollar

Telset.id, Jakarta – Posisi Apple sebagai perusahaan teknologi dengan kapitalisasi pasar senilai USD 1 triliun atau Rp 14.511 triliun akhirnya disamai oleh raksasa e-commerce, Amazon. Pencapaian itu diperoleh Amazon pada Selasa (4/9/2018) waktu setempat.

Dilansir dari The Verge, (05/09/2018), Amazon menjadi perusahaan kedua berbasis di Amerika Serikat yang menjadi perusahaan 1 triliun dollar. Di waktu tersebut, saham Amazon menyentuh rekor USD 2.050,50 atau Rp 29 juta per lembarnya.

Nilai tersebut diprediksi akan berfluktuasi bolak-balik dalam beberapa hari mendatang, mengingat sifat volatilitas bursa saham dan fakta bahwa pasar masih aktif. Sebagai contoh, pada akhir Agustus lalu, saham Amazon untuk pertama kalinya menyentuh valuasi USD 2.000 atau sekitar Rp 28 juta per lembar.

Baca Juga: Amazon Siap Susul Apple Jadi Perusahaan Super Mahal

Sedangkan pada pagi harinya, nilai saham Amazon naik menjadi USD 2.020 per lembar. Pencapaian itu merupakan tonggak sejarah dalam valuasi saham. Sehingga Amazon langsung bersiap untuk merengkuh nilai pasar 13 digit untuk menandingi kapitalisasi pasar Apple.

Rekor tinggi harga saham Amazon terjadi sehari setelah mengalami kenaikan 3,2 persen, dipicu oleh penguatan Morgan Stanley. Analis menaikkan target harga 12 bulan saham Amazon menjadi USD 2,500 dari USD 1,850. Harga tersebut, tercatat sebagai yang tertinggi di Wall Street dengan kenaikan 25,1 persen dibanding penutupan pada Rabu (29/8/2018).

Baca Juga: Setelah Amazon, Giliran Google Search Pancing Amarah Trump

“Kami memiliki keyakinan bahwa pertumbuhan pendapatan Amazon yang semakin cepat, semakin besar, dan semakin tinggi akan mendorong profitabilitas lebih hebat dan melanjutkan perkiraan revisi ke arah positif,” kata analis Brian Nowak.

Menunjukkan tren positif di bursa, perusahaan besutan Jeff Bezos ini sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa menyusul Apple dan menjadi satu perusahaan paling mahal dan bernilai di dunia. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI