Upss! Ponsel Tiga Kali Lebih Kotor Ketimbang Toilet

Telset.id, Jakarta – Manusia seperti tak bisa lepas dari ponsel. Padahal kebiasaan ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan, karena menurut penelitian, ponsel lebih kotor daripada toilet duduk. Kok bisa?

Menurut penelitian terbaru, rata-rata smartphone lebih kotor tiga kali daripada toilet duduk. Pakar asuransi gadget, Insurance2go sudah mengujinya dengan mengusap tiga handset berbeda, untuk mengetahui berapa banyak bakteri yang terakumulasi.

Hasilnya sangat mengejutkan, karena mereka menemukan jumlah bakteri ragi, jamur, dan aerobik di semua area ponsel. Padahal, secara tidak disadari, orang menyentuh layar ponsel mereka sekitar 3.000 kali dalam sehari.

Berdasarkan hasil survey sebuah perusahaan di Inggris, terungkap bahwa sepertiga orang di Inggris bahkan tidak pernah membersihkan ponsel mereka.

Baca juga: Unik! Casing iPhone X Ini Berbobot 10 Kilogram

Setelah melakukan polling terhadap ribuan orang dewasa Inggris, ditemukan fakta bahwa hanya satu dari 20 orang yang membersihkan ponsel mereka setiap enam bulan.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, layar smartphone menyimpan jumlah bakteri, ragi, dan jamur tertinggi, dengan jumlah 254,9 unit infeksi per cm2.

Sehingga, rata-rata, setiap perangkat memiliki 84,9 unit infeksi, sementara toilet duduk rata-rata mengandung sekitar 24 unit, sedangkan keyboard dan mouse kantor memiliki 5 unit infeksi.

“Layar smartphone yang diuji, sepuluh kali lebih banyak terinfeksi daripada toilet duduk dan flush,” kata Insurance2go.

Baca juga: Keren! Casing Smartphone Ini Bisa Jadi Drone

Kabar buruknya, orang tidak sadar setelah menggunakan ponsel, biasanya mereka kemudian langsung memegang makanan atau mengusap-ngusap wajah mereka.

Untungnya, membersihkan ponsel bukan hal yang sulit.  Para pakar merekomendasikan, untuk menggunakan alkohol kemudian disemprotkan lalu dilap menggunakan kain halus. Membersihkan ponsel hendaknya dilakukan minimal seminggu sekali, agar ponsel terbebas dari bakteri. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Vivo S6 5G Melenggang Resmi dengan Otak Exynos 980

Telset.id, Jakarta - Smartphone 5G terbaru Vivo, yakni Vivo S6 5G akhirnya meluncur. Masuk ke segmen menengah ke atas, Vivo...

Giliran Blibli Donasi APD untuk Petugas Medis Covid-19

Telset.id, Jakarta - Blibli turut memberikan donasi berupa alat pelindung diri atau APD untuk para petugas medis yang menangani...

Zoom Bantah Jual Data Pribadi Pengguna ke Facebook

Telset.id, Jakarta - Diterpa isu tak sedap soal privasi data, aplikasi video conference Zoom akhirnya buka suara. Zoom secara...

Rekomendasi 5 Senjata Terbaik dan Mematikan di COD Mobile

Telset.id - Call of Duty Mobile merupakan salah satu game FPS yang digemari para gamers Android dan iOS. Dalam COD...

Gerakan #BetterAtHome, Pesan HP Terbaru Oppo Bisa via WhatsApp

Telset.id, Jakarta - Oppo mengkampanyekan gerakan #BetterAtHome sebagai dukungan atas imbauan pemerintah untuk mencegah pandemi virus corona atau Covid-19...
- Advertisement -