Protes AS, Warga Turki Hancurkan iPhone Pakai Palu Godam

Telset.id, Jakarta – Warga Turki punya “hobi baru” terkait iPhone. Bukan hobi gonta-ganti iPhone seri terbaru, warga Turki kini tengah keranjingan menghancurkan iPhone dan direkam untuk disebar di YouTube. Apa penyebabnya?

Aksi yang dilakukan warga Turki ini sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang menyerukan boikot terhadap perangkat buatan Amerika Serikat (AS), termasuk iPhone besutan Apple.

Dilaporkan Phone Arena, Senin (20/8/2018), beragam cuitan di Twitter maupun unggahan video di YouTube memperlihatkan kemarahan warga Turki. Mereka menghancurkan, menembak, dan membakar iPhone milik mereka.

Dalam sebuah video di YouTube, sekelompok warga Turki terlihat sedang meluluhlantakkan iPhone berbagai seri dengan menggunakan palu godam. Mereka melakukannya sambil membentangkan bendera Turki.

Baca juga: Turki Kembali Batasi Akses Internet, Kali Ini Terkait Islamic State

Diberitakan sebelumnya, Erdogan mengancam akan memboikot semua produk elektronik buatan AS, termasuk iPhone. Erdogan menebar ancaman tersebut dalam pidato yang disampaikan pada Selasa (14/8/2018).

Erdogan melakukannya untuk membalas sanksi yang dijatuhkan AS sebagai imbas atas penahanan seorang pemuka agama. Tak cuma itu, Erdogan berencana mengembargo semua produk teknologi AS guna mengangkat kurs Lira.

Sebagai alternatif atas rencana memboikot barang elektronik buatan AS, termasuk iPhone, Erdogan meminta kepada pemerintah Turki untuk mendorong seluruh warga menggunakan barang-barang buatan dalam negeri.

Baca juga: Boikot iPhone, Turki Siapkan Ponsel Lokal Vestel Venus

“Tanpa iPhone, kami masih punya pilihan produk-produk elektronik asal Asia. Masyarakat bisa memakai Samsung. Bahkan, kami punya produk ponsel sendiri,” terangnya, yang dikutip CNBC.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan penggemar iPhone

Erdogan melanjutkan, perusahaan Turki juga akan menggalakkan produksi ponsel untuk kebutuhan dalam negeri. Ia yakin perusahaan Turki mampu membuat produk berkualitas daripada harus membeli iPhone.

Erdogan sempat menyebut merek ponsel Vestel Venus sebagai alternatif bagi masyarakat Turki dalam berkomunikasi. Menurutnya, teknologi di ponsel Vestel Venus tak kalah mumpuni dibanding iPhone.

Di Turki, iPhone X dijual seharga 7.499 lira atau sekitar USD 1.143. Erdogan, secara pribadi, juga merupakan pengguna fanatik iPhone dan iPad. Ia beberapa kali kedapatan sedang memakai perangkat tersebut. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI