Awas! Pengguna Instagram jadi Sasaran Baru Hacker Rusia

Telset.id, Jakarta – Pengguna Instagram kini telah menjadi sasaran baru bagi para hacker. Dilaporkan, para hacker sedang berupaya untuk masuk ke ratusan akun Instagram targetnya, dan mengubah email serta data penting pada akun mereka.

Dilansir dari Mirror, Kamis (16/08/2018), ratusan pengguna Instagram telah menjadi korban usaha peretasan tersebut. Namun peretasan ini bisa dibilang unik, sebab tak ada unggahan pengguna yang dihapus oleh para hacker itu.

Pengguna hanya tak bisa mengakses akun mereka kembali, karena kata sandi, email dan nomor telepon telah berubah. Bahkan dalam beberapa kasus, alamat email diubah dengan menggunakan domain dari Rusia, yakni mail.ru. Menariknya lagi, foto profil pengguna diganti menjadi karakter Disney atau Pixar, serta informasi bio pun ikut dihapus.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Amankan Facebook, Biar Data Nggak Dicolong!

Tentu saja, aksi para hacker ini menjadi masalah pelik bagi pengguna Instagram yang kena dampaknya. Pasalnya, cara termudah untuk mendapatkan lagi akses ke akun Instagram mereka adalah melalui email hacker. Sehingga tak mungkin rasanya bagi para korban untuk mendapatkan lagi akun Instagram mereka.

Peretasan ini sebenarnya telah terjadi sejak awal Agustus 2018 lalu. Diskusi terkait kasus itu pun meningkat di Twitter, Reddit, sampai Google Search. Banyak pengguna yang terdampak mencari cara untuk memulihkan akun Instagram miliknya.

Sampai saat ini, belum diketahui siapa yang bertanggung jawab atas peretasan itu. Namun, sebagian besar akun yang diretas tidak mengaktifkan fitur “Two Factor Authentication”, yang memang menjadi lapisan keamanan tambahan yang ditawarkan oleh Instagram.

Baca Juga: Awas! Pelaku Phising Incar Pengguna iPhone

Instagram sendiri telah memberikan pernyataannya soal kasus peretasan tersebut. Menurut platform media sosial milik Facebook itu, pihaknya akan membantu pengguna yang mengalami perubahan email karena peretasan dengan mengakses halaman “Get Help Logging In”, dengan memasukkan username dan alamat email yang asli.

Setelah itu, Instagram akan melakukan proses remediasi terhadap akun terkait. Sehingga nantinya, akun tersebut dapat digunakan oleh pengguna aslinya kembali. Instagram juga mengingatkan kepada para penggunanya untuk secara rutin mengubah kata sandi akun mereka dengan kombinasi huruf, angka dan simbol.

Pengguna pun disarankan untuk lebih berhati-hati dengan otorisasi aplikasi pihak ketiga, serta menjaga keamanan informasi akun email yang memungkinkan akses ke Instagram. (BA/FHP)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme X50t 5G Siap Debut, Spek Mirip X50m 5G

Telset.id, Jakarta – Realme bisa kami sebut sebagai vendor yang paling aktif meluncurkan produk baru di 2020. Setelah baru...

Redmi Earbuds S Meluncur di India, Cuma “Ganti Nama”

Telset.id, Jakarta – Xiaomi kembali meluncurkan earbuds True Wireless Stereo (TWS) terbarunya di India dengan nama Redmi Earbuds S....

LinkAja Layani Belanja Online di Pasar Tradisional

Telset.id, Jakarta - LinkAja bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghadirkan layanan belanja online di pasar tradisional. Total ada...

Trafik Data XL Axiata Naik 25% Selama Lebaran 2020

Telset.id, Jakarta - XL Axiata mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan data selama lebaran 2020 di tengah pandemi Covid-19 atau...

10 Antivirus Paling Ringan Terbaik untuk PC yang Lemot

Telset.id - Sering kali aplikasi antivirus dianggap sebagai penyebab laptop atau PC menjadi lemot. Hal tersebut karena antivirus berjalan...
- Advertisement -