Boikot iPhone, Turki Siapkan Ponsel Lokal Vestel Venus

Telset.id, Jakarta – Presiden Turki, Racep Tayyip Erdogan, mengancam akan memboikot semua produk elektronik buatan Amerika Serikat (AS). Termasuk di dalamnya adalah ponsel andalan Apple, yakni iPhone.

Erdogan menebar ancaman tersebut dalam pidato yang disampaikan pada Selasa (14/8/2018) waktu setempat. Ini dilakukan sebagai upaya untuk membalas sanksi yang dijatuhkan AS sebagai imbas atas penahanan seorang pemuka agama.

Tak cuma itu, Erdogan berencana mengembargo semua produk teknologi AS guna mendorong mata uang Lira yang berada di level terendah. Ia ingin perekonomian dalam negeri Turki segera pulih.

Sebagai alternatif atas rencana memboikot barang elektronik buatan AS, termasuk iPhone, Erdogan meminta kepada pemerintah Turki untuk mendorong warga menggunakan barang-barang buatan dalam negeri.

“Tanpa iPhone, kami masih punya pilihan produk-produk elektronik asal Asia. Masyarakat bisa memakai Samsung. Bahkan, kami punya produk ponsel sendiri,” terangnya dikutip dari CNBC, Rabu (15/8/2018).

Baca juga: Boikot Produk Amerika, Politisi Rusia Injak iPad

Erdgoan melanjutkan, perusahaan Turki juga akan menggalakkan produksi ponsel untuk kebutuhan dalam negeri. Ia yakin perusahaan Turki mampu membuat produk berkualitas daripada harus membeli iPhone.

Erdogan sempat menyebut merek ponsel Vestel Venus sebagai alternatif bagi masyarakat Turki dalam berkomunikasi. Menurutnya, teknologi di ponsel Vestel Venus tak kalah mumpuni dibanding iPhone.

Di Turki, iPhone X dijual seharga 7.499 lira atau sekitar USD 1.143. Erdogan, secara pribadi, juga merupakan pengguna fanatik iPhone dan iPad. Ia beberapa kali kedapatan sedang memakai perangkat tersebut. [SN/IF]

Sumber : CNBC

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI