Hands-on Samsung Galaxy Note 9: Phablet Besar nan Powerful

Telset.id – Samsung Galaxy Note 9 resmi diperkenalkan di perhelatan Samsung Galaxy Unpacked di New York, Amerika Serikat. Untuk Indonesia, smartphone flagship terbaru Samsung tersebut bakal dirilis pada 24 Agustus mendatang.

Nantinya, Samsung Galaxy Note 9 bakal dibanderol dengan harga Rp 13,4 jutaan untuk varian ROM 128GB dan Rp 17,9 jutaan untuk varian memori penyimpanan 512GB. Nah, meski belum diluncurkan di Indonesia, Tim Telset.id berkesempatan untuk menjajal langsung Samsung Galaxy Note 9 untuk pertama kalinya.

Karenanya, dalam tulisan kali ini kami akan mengulas smartphone tersebut lewat hands-on Samsung Galaxy Note 9 berikut ini. Yuk simak!

Desain

Sesuai prediksi dan bocoran sebelumnya, Samsung Galaxy Note 9 tidak memiliki ubahan signifikan dalam desainnya. Misalnya saja bagian depan, smartphone tersebut masih mengusung desain fullscreen dengan layar beraspek rasio 18,5 : 9 dengan bezel tipis di tiap sisinya.

Baca Juga: 5 Fitur Keren di Samsung Galaxy Note 9

Mungkin yang jadi perbedaan “cukup signifikan” di bagian depan pada Samsung Galaxy Note 9 adalah ukuran layarnya. Bisa dibilang, Note 9 menjadi smartphone flagship terbesar yang pernah diperkenalkan Samsung, secara phablet ini mengusung layar berukuran 6,4 inci berjenis Super AMOLED dengan resolusi QHD+ (1.440 x 2.960).

Pindah ke bagian belakang, barulah terlihat perbedaan cukup signifikan pada Galaxy Note 9. Samsung sepertinya mendengarkan keluhan para pengguna Note 8 yang merasa tak nyaman dengan sensor sidik jari di kanan frame kamera.

Sehingga, perusahaan asal Korea Selatan ini mengubah posisi sensor sidik jari ke bagian tengah, tepat di bagian bawah frame kamera. Saat kami mencobanya, letak sensor sidik jari ini memang lebih terasa nyaman dan mudah utnuk dijangkau, serta tidak “kagok”, seperti pada Galaxy Note 8.

Baca Juga: Akhir Agustus, Samsung Galaxy Note 9 Dirilis di Indonesia

Sementara untuk frame kamera, posisi kamera ganda, LED Flash serta sensor heart rate tetap diposisikan secara horizontal, hampir mirip dengan desain frame kamera Samsung Galaxy Note 8.

Yang “benar-benar baru” pada desain Samsung Galaxy Note 9 adalah desain S Pen yang memiliki warna lebih menarik dan juga eye-catching, tepatnya berwarna kuning terang. Tapi, warna kece untuk S Pen ini hanya berlaku untuk varian warna Ocean Blue saja, karena untuk model lainnya, masih terlihat sama saja dengan desain S Pen pada Galaxy Note 8.

Spesifikasi

Samsung Galaxy Note 9 memiliki mesin utama yang powerful. Smartphone tersebut ditenagai oleh prosesor octa-core 2.7GHz Exynos 9810 atau octa-core 2.8GHz Snapdragon 845, GPU Mali G72 MP18 atau Adreno 630, RAM 6GB/8GB, ROM 128GB/512GB dan baterai berkapasitas 4,000 mAh.

Dengan melihat spesifikasinya saja, kita langsung menyadari bahwa Samsung telah meningkatkan kemampuan Note 9 secara signifikan, dibandingkan Galaxy Note 8. Salah satu buktinya adalah memori penyimpanan yang mencapai 512GB.

Meski memiliki memori penyimpanan besar, Note 9 masih mendukung slot memori eksternal dengan kapasitas maksimal 512GB. Sehingga jika dikalkulasikan, Samsung Galaxy Note 9 mampu menyimpan berbagai data dengan maksimal 1TB.

Baca Juga: Samsung Galaxy Note 9 vs iPhone X, Siapa Juaranya?

Begitupun dengan kapasitas baterainya yang juga jauh lebih besar dibandingkan Galaxy Note 8. Sekedar informasi, Samsung hanya menyematkan baterai berkapasitas 3,300 mAh untuk Galaxy Note 8.

Yang menarik lagi dari mesin utama Galaxy Note 9 adalah, adanya sistem pendingin bernama Water Carbon Cooling System. Jadi dengan teknologi tersebut, pengguna Note 9 bisa puas bermain game dan pekerjaan berat tanpa harus khawatir rasa panas mengganggu jalannya permainan.

Lewat teknologi ini juga, kinerja Samsung Galaxy Note 9 bakal terbantu, apalagi dengan adanya teknologi Smart Performance Adjuster yang menyesuaikan performa smartphone secara otomatis.

Sementara untuk sektor kameranya, Galaxy Note 9 memiliki kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 12MP lensa telephoto aperture f/2.4 dengan 2x optical-zoom dan 12MP lensa wide-angle dengan dual-aperture f/1.5 dan f/2.4. Sedangkan kamera depannya, beresolusi 8MP aperture f/1.7.

Samsung sendiri sepertinya ingin mengubah persepsi masyarakat terhadap seri Galaxy Note yang biasanya seolah menjadi perangkat khusus untuk kalangan eksekutif. Sebab, mulai dari Galaxy Note 9, Samsung telah bekerja sama dengan developer game Epic Games untuk merilis secara ekslusif game ber-genre MMORPG, Fortnite.(FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Akun Twitter FC Barcelona dan Komite Olimpiade Diretas Hacker

Telset.id, Jakarta - Tiga akun Twitter olahraga populer, termasuk milik klub sepak bola asal Spanyol, FC Barcelona diretas hacker. Hal...

Apple Segera Rilis iPad Pro 5G Tahun Ini?

Telset.id, Jakarta  - Menurut rumor, Apple kemungkinan besar tidak hanya akan menghadirkan iPhone 5G pada 2020. Kuat dugaan, tahun...

Cegah Corona, Apple Store Periksa Suhu Tubuh Setiap Pengujung

Telset.id, Jakarta - Apple memberlakukan kebijakan baru. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini mewajibkan Apple Store di China untuk...

Indosat PHK 677 Karyawan, Apa Sebabnya?

Telset.id, Jakarta - Manajemen Indosat Ooredoo secara resmi mengumumkan keputusannya untuk melakukan PHK terhadap 677 karyawan. Operator ini melakukannya...

Soal PHK, Serikat Pekerja Indosat Bakal Tempuh Jalur Hukum

Telset.id, Jakarta - Serikat Pekerja Indosat masih melakukan negosiasi kepada manajemen Indosat terkait kasus PHK 500 karyawan. Tidak menutup...
- Advertisement -
X
X