Kualitas Startup Indonesia Terus Meningkat

Telset.id, Jakarta – Kualitas perusahaan rintisan atau startup di Indonesia dinilai terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dikemukakan GK-Plug and Play (PNP) berdasarkan pengalaman dalam membangun ekosistem startup Indonesia dua tahun terakhir.

“Ini bisa dilihat dari terus meningkatnya jumlah startup yang dipilih oleh GK-Plug and Play di dalam program akseleratornya,” ujar Managing Director Plug and Play Indonesia, Wesley Harjono dalam acara Showcase Eksklusif “The Uncovered Innovation” GK – Plug and Play di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Berdasarkan pembagian industri startup yang mendaftarkan diri di program GK-Plug and Play, Wesley menilai beberapa tahun belakangan ini kebanyakan startup berfokus pada service dan perangkat lunak atau software.

Namun beberapa waktu terakhir ini dia berpendapat lebih banyak startup yang mulai merancang produk atau hardware di bidang agrikultur, benda-benda internet alias Internet of Things (IoT), Mobility, dan keberlangsungan atau sustainability.

Baca juga: Menkominfo Harap Startup dan Unicorn Masuk Bursa Saham

“Hal itu mengingat akan keberadaan negara Indonesia sebagai negara agraris sehingga banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu perkembangan di bidang pertanian. Disisi lain, Indonesia juga negara maritim di mana akses masih menjadi salah satu tantangannya. Kami berharap startup-startup ini dapat mengisi kekosongan-kekosongan yang saat ini masih terjadi,” kata Wesley.

Para peserta terdiri dari perusahaan berskala kecil dari berbagai industri mulai dari teknologi keuangan (fintech), agrikultur, mobilitas, hingga energi itu bergantian melakukan presentasi singkat untuk menjelaskan inovasi yang mereka lakukan.

Baca juga: Tujuh Startup Lokal dapat Investasi Rp 710 Juta, Siapa Saja?

Sebanyak 15 dari 17 startup yang melahirkan inovasi-inovasi baru ditampilkan dalam pada acara ini. Berikut ini profil 17 startup yang terpilih GK-Plug and Play di dalam program akseleratornya:

1. Asura

Asura merupakan platform yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya. Saat ini, Asura telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan Asuransi ternama di dunia.

2. AeroEnvoy

AeroEnvoy mengirimkan berbagai suplai medis seperti darah dan vaksin melalui drone ke rumah sakit dan klinik di daerah pedesaan untuk memotong waktu pengiriman.

3. Teknojek

Teknojek merupakan merupakan mobile application pertama yang bekerja dengan sistem pyramid scheme di mana driver dapat merekrut pengemudi lainnya untuk menjadi bagian dari jaringannya.

4. Bildeco

Bildeco merupaka e-commerce bahan bangunan pertama di Indonesia yang menghubungkan pembeli dengan seluruh lini distribusi dari produsen bahan bangunan secara mudah, murah dan efisien. Bildeco juga melayani pengiriman ke lokasi yang Anda inginkan dengan mitra logistik terbaik.

5. Bahasa.Ai

Bahasa.ai merupakan chatbot berbahasa Indonesia yang memanfaat teknologi kecerdasan buatan (AI).

6. Halofina

Halofina adalah asisten keuangan pribadi virtual yang dapat membantu penggunanya dalam mengelola keuangan dan investasi untuk mencapai tujuan keuangan penggunanya. Di balik teknologi asisten virtual ada pakar di dunia keuangan yang menentukan bagaimana strategi dan logika Halofina berjalan.

7. Gradana

Gradana.co.id merupakan portal yang mempertemukan pembeli dan pendana untuk kebutuhan cicilan uang muka (DP) rumah. Dengan skema Gradana, Pembeli dapat mencicil uang muka hingga 36 bulan, lalu melanjutkan sisa KPR ke bank komersial.

8. Merapi Tani

Merapi Tani menggunakan smart soil sensor technology, intelligence valve, dan analisis pertanian untuk membantu perusahaan yang bergerak di bidang agrikultur sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan perkebunan mereka.

9. Resync Technology

RESync adalah Platform Manajemen di bidang Energi yang menggunakan cloud computing, pengontrol real time, dan analisis prediktif untuk memastikan reabilitas dan efisiensi untuk grid dan smart microgrid. Sistem control RESync mengotomatiskan sistem energy dengan cara mengelola sumber pembangkit (solar, baterai, genset, dan sebagainya) dan beban permintaan berdasarkan variabel tarif listrik.

10. BLH Aqua

BLHAqua mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi efisiensi air. Produk pertama BLHAqua bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian secara keseluruhan. Namun, teknologi tersebut akan dapat diterapkan pada industri lain dalam waktu dekat.

11. Yousolar

Yousolar menciptakan menciptakan produk revolusioner berupa sistem baterai solar + PowerBlock ™ yang merupakan catu daya utama ke rumah ataupun bisnis tanpa utility approval – atau bahkan utility connection. Produk ini merupakan sebuah unit kontrol cerdas yang memadukan tenaga surya, baterai, dan utilitas dengan lancar untuk daya yang andal.

12. Datarobot

DataRobot memungkinkan para analis bisnis yang tidak memiliki pengetahuan tentang machine learning atau programming sekalipun untuk membangun analisis prediktif terhadap bisnisnya. DataRobot menggunakan machine learning otomtis yang dapat membangun dan memberikan model prediksi yang akurat dalam waktu yang singkat.

13. Ceres Imaging

Ceres Imaging adalah startup yang membantu petani mengoptimalkan aplikasi air dan pupuk mereka dengan aerial spectral imagery. Adapun gambar multispectral dengan resolusi tersebut diambil dengan pesawat terbang-rendah dan diproses menggunakan pemrosesan gambar canggih dan teknk permodelan tanaman.

14. Calty Farm

Kost-Kostan Ternak  (Calty Farm) adalah aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk beternak secara online tanpa harus memiliki lahan, keterampilan dan waktu untuk merawat hewan ternak berupa sapi perah kemudian hasil dari pemerahan akan ditampung oleh industri pengolahan susu. Calty Farm berkerja sama dengan peternak rakyat dan sentra peternakan rakyat (SPR) kemudian menghubungkan investor peternakan.

15. Pijar Psikologi

Pijar Psikologi hadir sebagai sarana edukasi mengenai isu-isu kesehatan mental dan psikologi yang mudah diakses. Dengan timbulnya kesadaran, maka stigma negatif mengenai permasalahan psikologis dapat dikurangi.

16. Circle Doo

Circledoo hadir sebagai sebuah solusi dalam memberikan suatu metode belajar yang mudah, murah dan menyenangkan. Di Circledoo orang bisa belajar melalui temu online, streaming maupun video rekaman, baik dari Circledoo maupun dari sesama member.

17. Top Karir

Top Karir adalah portal karir yang ditujukan bagi anak muda Indonesia dengan menawarkan beragam pilihan pengembangan karir, mulai dari informasi terkait kesempatan kerja (magang, pekerjaan tetap maupun pekerjaan paruh waktu), beasiswa kelanjutan pendidikan, pelatihan dan sertifikasi serta informasi terkait kewirausahaan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Vivo X50 Pro & X50 Pro+ Meluncur dengan Kamera 50MP dan Micro Gimbal

Telset.id, Jakarta – Setelah muncul berbagai bocorannya di seminggu terakhir, Vivo akhirnya mengumumkan keluarga smartphone X50 series, yakni vivo...

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Kecam Rasialisme, Bos Apple Kutuk Pembunuhan George Floyd

Telset.id, Jakarta – Kasus pembunuhan George Floyd oleh seorang oknum polisi di kota Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat (AS) telah...

Razer Blade 15 Studio Edition: Spesifikasi Upgrade dengan Intel 10th Gen

Telset.id - Razer dikenal kerap menghadirkan perangkat PC gaming yang mumpuni. Meski demikian, mereka ternyata juga punya produk untuk...

7 Earbuds TWS Terbaik 2020, Harga Mulai Rp 800 Ribuan

Telset.id - Earphone berjenis TWS (True Wireless Stereo) kini makin marak beredar di pasaran. Membuat pengguna memiliki banyak pilihan...
- Advertisement -