Facebook Sisihkan Rp 143,7 Miliar untuk Biaya Keamanan Zuckerberg

Biaya Keamanan Zuckerberg

Telset.id, Jakarta – CEO Facebook, Mark Zuckerberg ternyata mendapatkan keamanan berlapis dan kenyamanan ekstra ketika bepergian. Hal tersebut terungkap setelah Facebook memberikan laporan terhadap Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat soal pengeluaran mereka untuk biaya keamana Zuckerberg.

Dalam laporannya, Facebook di tahun ini telah menyisihkan USD 10 juta atau setara dengan Rp 143,7 miliar untuk biaya keamanan bos mereka. Jumlah itu naik signifikan dibanding tahun lalu yang hanya sebesar USD 7,3 juta atau Rp 104,9 miliar.

Meningkatnya biaya keamanan tersebut, seperti dilansir dari The Next Web, Sabtu (28/07/2018), diakibatkan oleh “perjalanan ekstra” yang harus dilakukan Zuckerberg ketika memberikan kesaksian di depan Kongres Amerika Serikat, terkait penyalahgunaan data pengguna oleh Cambridge Analytica.

Jika dirinci, biaya ratusan miliar Rupiah tersebut digunakan untuk membayar personil keamanan untuk melindungi Zuckerberg, pengadaan, pemasangan dan pemeliharaan tindakan keamanan tertentu yang diperlukan untuk tempat tinggalnya, dan penggunaan pesawat pribadi untuk bepergian.

Biaya keamanan bos Facebook bahkan mengalahkan biaya keamanan dari orang terkaya di dunia, sekaligus pemilik raksasa e-commerce, Jeff Bezos. Selama setahun, Bezos hanya menghabiskan biaya USD 1,6 juta atau Rp 23 miliar saja.

Bahkan, biaya keamanan dari para bos perusahaan teknologi pun tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Mark Zuckerberg. Misalnya, CEO Snap, Evan Spiegel yang tahun lalu hanya menghabiskan biaya keamanan Rp 12 miliar, kemudian CEO Apple, Tim Cook dengan biaya Rp 4,5 miliar dan CEO Twitter, Jack Dorsey dengan biaya Rp 977 jutaan. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here