Sambut Asian Games, Kominfo Gelar Pesta Rakyat

Telset, Jakarta – Pelaksanaan Asian Games 2018 kurang dari 28 hari lagi di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang. Untuk menyemarakkan perhelatan olahraga terbesar di Asia itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Pesta Rakyat dan kompetisi konten kreatif.

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza mengatakan acara pesta rakyat dikemas sebagai kegiatan terbuka bagi masyarakat untuk menunjukkan kreatifitas dalam bentuk tarian dan kreasi konten digital dalam bentuk foto atau video.

Dalam acara itu digelar kompetisi tarian modern yang dimeriahkan dengan pameran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal dan potensi wisata setempat.

“Gelaran Pesta Rakyat bertema Semangat Sang Juara itu telah berlangsung di Jambi, Pekan Baru (Riau), Solo (Jawa Tengah), Makassar (Sulsel), Padang (Sumbar) dan Banyuwangi (Jatim),” ujar Noor Iza dalam keterangan resmi Kominfo, Selasa (24/7/2018).

Menurut Noor Iza, dalam minggu ini sampai pertengahan Agustus, gelaran Pesta Rakyat akan berlangsung di Denpasar (Bali), Sorong (Papua Barat), Medan (Sumut),  Ambon (Maluku), Lombok (NTB), Yogyakarta (DIY), Banjarmasin (Kalsel), Bandung (Jabar), dan Bandar Lampung (Lampung).

Pesta Rakyat, lanjut dia, dilaksanakan di kota-kota yang dilalui jalur torch relay atau estafet api obor Asian Games 2018 keliling Indonesia.

Dalam Pesta Rakyat yang digelar dalam ajang Car Free Day (CFD), masyarakat sekitar lokasi, selain mengikuti kompetisi tarian modern, juga bisa mengikuti kuis atau trivia dengan hadiah menarik serta mendaftarkan diri menjadi Duta Suporter Indonesia atau memberikan dukungan untuk atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Sedangkan Kompetisi menulis mengenai Asian Games 2018 telah berakhir pada 17 Juli lalu. Karya tulis yang dikirimkan dibagi menjadi dua tema yaitu Dukung Bersama Asian Games dari Daerahku dan Aku Bangga Indonesia sebagai Tuan Rumah Asian Games.

Karya yang telah dikirim saat ini sedang diseleksi panitia kompetisi hingga terpilih 34 orang finalis yang akan diumumkan oleh Kominfo pada 25 Juli atau esok melalui akun media sosial dan surat elektronik kepada para finalis.

Setelah pengumuman finalis yang lolos seleksi, selanjutnya mereka semua akan melalui proses karantina hingga penentuan pemenang yang berlangsung pada tanggal 15-17 Agustus.

“Selain itu juga, pada ajang kompetisi menulis tentang Asian Games 2018 ini akan digelar pula peluncuran buku Writingthon pada 17 Agustus. Berbagai fasilitas diberikan Kemenkominfo kepada peserta yang terpilih karya tulisnya seperti hadiah, piagam juga akomodasi dan transportasi,” pungkas dia. [WS/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI