Instagram akan Hilangkan Otentifikasi Nomor Ponsel

Telset.id, Jakarta – Instagram sedang menggarap solusi teknologi otentifikasi dua faktor. Instagram tak bakal lagi meminta nomor ponsel untuk otentifikasi atau verifikasi.

Cara otentifikasi lama Instagram dengan menggunakan nomor ponsel memang tidak aman. Google dan Authy bahkan sudah memilih beralih menggunakan aplikasi code generator.

Instagram memutuskan segera mengubah cara otentifikasi guna menghindari ancaman peretas. Sebab, peretas kian punya banyak cara dalam mencuri akses ke nomor ponsel.

Menurut The Verge, Rabu (18/7), otentifikasi dua faktor merupakan sebuah fitur keamanan. Ketika otentikasi dua faktor diaktifkan, pengguna harus memasukkan kode cadangan.

Biasanya, kode cadangan atau kode keamanan dikirimkan melalui SMS selain nama dan kata sandi setiap kali pengguna masuk Instagram dari perangkat yang tidak pernah dikenali.

Untuk mengaktifkannya, pengguna terlebih dahulu membuka Profil dan ketuk ponsel (iPhone) atau (Android) di kanan atas. Lalu, gulirkan ke bawah dan ketuk Otentikasi Dua Faktor.

Berikutnya, ketuk Minta Kode Keamanan untuk pindah ke posisi aktif. Jika akun tidak mempunyai nomor ponsel yang dikonfirmasi, pengguna wajib memasukkan nomor ponsel.

Setelah memasukkan nomor ponsel, ketuk Selanjutnya perangkat ponsel (iPhone) atau (Android). Kode akan dikirimkan ke perangkat pengguna. Kemudian , masukkan kode dan ketuk Berikutnya.

Sebelumnya dikabarkan juga bahwa Instagram tengah menguji fitur baru bernama Remove Follower. Fitur itu memungkinkan pengguna akun publik untuk mengurangi jumlah pengikut yang melihat unggahan di platform.

Menurut The Verge, fitur baru ini akan segera hadir untuk perangkat Android. Namun Demikian, pihak Instagram belum memberikan keterangan apapun terkait pengujian fitur tersebut.

Nantinya, pemakaian fitur ini tidak akan memunculkan notifikasi sehingga tidak akan ketahuan oleh pengikut yang dihapus. Kehadirannya tak perlu membuat pengguna mengatur akun menjadi privat. [BA/HBS]

Sumber: The Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI