Edan! Kekayaan Bos Amazon Hampir Setara APBN Indonesia

Telset.id, JakartaCEO Amazon, Jeff Bezos tercatat menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai US$ 150 juta atau mencapai Rp 2.156 triliun. Jumlah tersebut nyaris menyamai belanja negara Indonesia (APBN) 2018 yang sebesar Rp 2.221 triliun.

Menurut Bloomberg Billionaires Index yang dilansir Business Insider, Selasa (17/7/2018), pundi-pundi Bezos telah meningkat lebih dari US$ 60 miliar atau Rp 862 triliun dalam 12 bulan terakhir

Pantas saja kalau Pria berusia 54 tahun ini didapuk menjadi orang terkaya dalam sejarah modern, karena selisih dengan orang terkaya kedua, yakni Pendiri Microsoft, Bill Gates mencapai US$ 54,5 miliar atau Rp783 Triliun, yang saat ini menyimpan harta US95,5 miliar atau setara Rp 1.372 triliun.

Sedangkan peringkat ketiga tetap diduduki oleh Bos Berkshire Hathaway Warren Buffet yang mencatat jumlah kekayaan sebesar US$83 miliar atau sekitar Rp1.193 triliun.

Sebelumnya Gates yang juga pernah tercatat sebagai orang terkaya di dunia memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 100 miliar pada 1999 lalu, yang nilainya pada saat ini sekitar US$ 149 miliar atau mencapai Rp 2.142 triliun.

Namun jumlah itu menyusut setelah dia memberikan 700 juta saham Microsoft dan uang sebesar US$ 2,9 miliar atau sekitar Rp 41,6 triliun dalam bentuk tunai sejak tahun 1996 ke Yayasan yang dikelola isterinya, yakni Bill and Melinda Gates Foundation.

Itu berarti Bezos lebih kaya daripada siapa pun di planet ini, setidaknya sejak Forbes mulai menerbitkan peringkat kekayaan pada 1982 lalu.

Kabar itu muncul saat Amazon memulai Prime Day, yakni program penjualan 36 jam yang menampilkan lebih dari 1 juta transaksi.

Sementara itu, Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg memiliki jumlah kekayaan bersih dengan selisih sedikit dengan Buffett, bahkan sempat menduduki posisi ketiga terkaya di dunia.

Capaian Zuckerberg menorehkan sejarah pertama kalinya sebagai orang ketiga terkaya dunia berasal dari perusahaan teknologi yang dia kembangkan di bawah naungan Facebook Corp.

Namun Zuckerberg kini kembali melorot ke peringkat keempat di bawah Buffett, dengan kekayaan bersih US$ 82,9 miliar atau sekitar Rp 1.191 triliun.

Bezos memang tak seperti Gates atau Buffet yang dermawan menyumbang sebagian hartanya untuk kegiatan amal alias filantrofis.

CEO Amazon, Jeff Bezos diketahui “hanya” menyumbang US$ 33 juta atau sekitar Rp 474 miliar ke TheDream.US, sebuah organisasi yang mendanai beasiswa untuk siswa menengah imigran tanpa dokumen yang tinggal di Amerika. [WS/HBS]

Sumber:  CNET

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI