12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing, Praktis Banyak Pilihan Bahasa!

Telset.id – Dengan berkembang pesatnya smartphone, kini Anda bisa melakukan apa saja melalui ponsel pintar. Salah satunya adalah belajar bahasa asing secara online melalui aplikasi belajar bahasa asing yang bisa diunduh di smartphone.

Di zaman sekarang, menguasai bahasa asing tentunya menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan. Selain menambah ilmu, Anda juga bisa mendapatkan teman dari seluruh duni.

Banyak yang terkendala untuk dapat mengikuti kursus bahasa asing karena terbentur biaya yang cukup mahal. Tapi sebenarnya di era digital seperti sekarang, Anda bisa mengikuti “kursus” bahasa asing secara gratis. Ya, Kapan lagi bisa kursus gratis.

Untuk bisa belajar bahasa asing secara gratis ini, hanya perlu menginstall aplikasi belajar bahasa asing. Anda bisa mendapatkan  aplikasi belajar bahasa asing di toko-toko aplikasi, baik di App Store untuk pengguna iOS, maupun Play Store untuk pengguna Android.

BACA JUGA:

Nah, karena jumlahnya sangat banyak, maka kali ini Telset.id telah memilihkan 12 aplikasi belajar bahasa asing yang bisa Anda coba untuk mempelajari bahasa baru.

Berikut ini adalah aplikasi belajar bahasa asing terbaik yang bisa Anda gunakan di tahun 2021 ini. Yuk simak daftar selengkapnya berikut ini.

1. Memrise

Aplikasi ini memiliki fitur belajar langsung dari penutur asli, penggunaan offline, dan mencoba menjadi pengisi suara merupakan contoh fitur yang dapat Anda peroleh dari versi berbayarnya.

Dengan metode belajar yang unik, orisinil, dan menyenangkan, tidak heran bila Memrise menjadi favorit banyak orang.

Aplikasi untuk belajar bahasa asing ini sangat menyenangkan karena memiliki karakteristik seperti bermain game sambal belajar. Aplikasi ini juga memiliki metode pengajaran yang berulang-ulang membantumu mengingat kosakata penting dengan mudah dan tentunya dilengkapi fitur progress dan reminder yang dapat Anda pelajari saat keluar dari aplikasi.

2. Mondly

Aplikasi ini mengajarkan apa yang harus Anda ucapkan dalam berbagai situasi: memesan kopi di kafe, bertanya arah jalan, hingga meminta pertolongan di saat darurat. Cara yang praktis dan efektif, namun sayangnya Anda jadi tidak memahami penggunaan grammar secara keseluruhan.

Aplikasi ini membuat Anda belajar secara cepat dan praktis: dengarkan percakapan dan pembicaraan sehari-hari dari penutur asli. Memiliki fitur ‘speech recognition’ akan menilai seberapa tepat logat, intonasi, dan pengucapan kata-katamu. Metode belajar dibagi beberapa sesi dan disesuaikan dengan kemampuan dan kecepatan belajarmu

3. Tandem Language Exchange

aplikasi belajar multi bahasa Tandem Language ExchangeAplikasi Tandem Language Exchange membantu Anda terhubung dengan teman yang juga bertekad belajar bahasa. Anda bisa terhubung melalui pesan teks, pesan suara, maupun video. Kami menyukai metode pembelajaran Tandem. Apabila tersedia alat penerjemah saat chatting, tentunya aplikasi ini akan terasa lebih sempurna.

Aplikasi satu ini memiliki metode belajar bahasa asing dengan berteman dan ngobrol langsung dengan anggota di seluruh dunia. Memiliki komunitas khusus untuk belajar bahasa; terdapat seleksi anggota agar tidak terjadi penyalahgunaan dan menariknya Anda bisa menyewa pengajar online dengan harga murah untuk mendapatkan pelajaran secara privat.

4. Busuu

aplikasi belajar bahasa asing
Busuu

Busuu adalah salah satu aplikasi belajar bahasa asing yang paling populer di dunia. Pada dasarnya Busuu hadir di website sebagai forum belajar bahasa asing di internet. Akan tetapi aplikasinya pun hadir di Android dan iOS dengan 11 bahasa asing yang bisa dipelajari. Akan tetapi, tentunya instruksi yang digunakan untuk mempelajari bahasa asing di dalam Busuu ini ialah bahasa Inggris.

Ada banyak modul yang ditawarkan Busuu dalam aplikasinya. Di setiap modul, pengguna akan menemukan beragam tema serta latihan yang bisa langsung didownload dan diakses. Latihan-latihan yang disajikan dalam modul pembelajaran dalam Busuu ini sangat esensial.

Cakupannya ialah, pengayaan perbendaharaan kata, membaca dan mendengarkan dialog dalam bahasa asing, hingga menulis teks dan menguploadnya ke komunitas Busuu untuk dikoreksi oleh native speaker yang juga menggunakan aplikasi ini.

5. Duolingo

Melalui Duolingo, Anda bisa belajar lebih dari 20 bahasa dengan cara yang sangat mudah dan menyenangkan. Jika bosan belajar bahasa sendirian, Anda bisa mengajak teman atau keluargamu dan buat grup bersama untuk berkompetisi dengan satu sama lain.

Tidak seperti belajar di sekolah maupun kursus, struktur belajar bahasa asing di dalam aplikasi ini dirancang agar menyenangkan dengan tema-tema yang sudah disediakan. Di modul pembelajaran dasar, pengguna akan diajari beragam perbendaharaan kata, mulai dari kata benda, kalimat, frasa dan sebagainya.

6. Babbel

aplikasi belajar bahasa asing babbel
Babbel

Dengan aplikasi Babbel, Anda bisa mempelajari berbagai bahasa yang ada di dunia langsung melalui smartphone Anda. Babbel menyediakan 14 bahasa yang bisa dipelajari, seperti Spanyol, Jerman, Italia, Indonesia dan lain sebagainya.

Aplikasi belajar bahasa asing secara online ini juga menyediakan berbagai level pembelajaran, mulai dari pemula hingga tingkat lanjut. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki.

7. Rosetta Stone

aplikasi belajar bahasa asing hello.
Rosetta Stone

Jika dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi bernama Rosetta Stone ini menyediakan lebih banyak jumlah bahasa yang bisa dipelajari. Kurang lebih sekitar 22 bahasa asing yang bisa Anda pelajari di aplikasi ini.

Serunya, aplikasi ini menyediakan banyak materi pelajaran sesuai dengan percakapan sehari-hari, seperti basic, greetings, introductions, hingga school dan shopping.

Makin menariknya lagi, Anda juga bisa berkomunikasi dengan pengguna lain yang tengah sama-sama belajar di aplikasi ini.

8. HiNative

belajar bahasa asing
HiNative

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari bahasa asing adalah HiNative. Berbeda dengan aplikasi belajar bahasa lainnya, di aplikasi ini memiliki sistem belajar tanya jawab.

Tanya jawab ini dilakukan langsung dengan penutur bahasa asli, sehingga Anda bisa belajar langsung dari mereka yang memang sudah fasih berbahasa tersebut. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

9. Tandem Language Exchange

Tandem belajar bahasa asing
Tandem

Aplikasi besutan Tripod Technology GmbH ini jadi rekomendasi berikutnya bagi Anda yang ingin belajar bahasa asing. Tandem menyediakan pembelajaran hingga 150 bahasa dan 2.500 kombinasi bahasa.

Anda dapat bercakap-cakap dengan penutur bahasa asli sekaligus belajar bahas asing tersebut. Buat Anda yang ingin belajar lebih intens, aplikasi menyediakan pengajar privat secara online dengan harga yang terjangkau.

10. Cake

Cake belajar bahasa asing
Cake

Bukan aplikasi untuk membuat kue, Cake adalah aplikasi untuk belajar bahasa Inggris. Melalui aplikasi Cake, Anda bisa belajar bahasa Inggrins melalui percakapan-percakapan singkat.

Percakapan tersebut dibuat dalam bentuk video dan diberi subtitle Indonesia dan bahasa lainnya. Dengan ini Anda bisa lebih mudah mempelajari kalimat dan grammar bahasa Inggris.

Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2018 dan bisa Anda langsung unduh secara gratis melalui Google Play Store.

11. Hello English

Hello English belajar bahasa
Hello English

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan mengajak Anda belajar bahasa Inggris secara mudah melalui smartphone. Hello English bisa di-download secara gratis di Google Play Store.

Aplikasi Hello English menyuguhkan beragam fitur, seperti pelajaran interaktif, topik bahasa, percakapan dalam bahasa Inggris, hingga materi belajar yang bisa diakses secara offline.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan game interaktif yang mengajak Anda menerjemahkan, membaca, tata bahasa, dan menguji kosakata Anda dalam bahasa Inggris.

12. Drops

Aplikasi belajar Bahasa Asing dengan drops
Drops

Berikutnya ada aplikasi dengan nama Drops. Aplikasi ini menyediakan pembelajaran dari berbagai bahasa, seperti Inggris, Jerman, Indonesia, Korea, Arab, Thailand dan masih banyak lagi lainnya.

BACA JUGA:

Menariknya aplikasi ini, Drops menyediakan pembelajaran berbasis permainan yang membuat Anda tidak akan bosan belajar di aplikasi ini. Beragam kosakata dari bahasa yang Anda pelajari akan muncul dalam bentuk ilustrasi seperti dalam game.

Aplikasi ini tercatat sudah diunduh sebanyak 1 juta kali di Google Play Store. Bagi Anda yang tertarik bisa langsung mengunduhnya secara gratis.

Itu dia tadi rekomendasi belajar bahas asing terbaru. Jadi, mau mulai belajar bahasa apa? [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI