Review Honor 7A: Smartphone Terjangkau dengan Dual Kamera

Kinerja

 

Foto : Hendra Wiradi / Telset.id

Honor 7A ditenagai prosesor 1,4GHz octa-core Qualcomm Snapdragon 430 dengan GPU Adreno 505, RAM 3GB dan 32GB penyimpanan internal yang dapat diperluas hingga 256GB melalui slot kartu micro-SD khusus.

Ponsel dual-SIM menjalankan perangkat lunak Android 8.0 Oreo berbasis EMUI 8.0 yang juga sama yang ada di dalam Honor 10.

Baca juga: GPU Turbo Akan Sokong Smartphone Honor

Tidak seperti Redmi 5 yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan proses finfet 14nm yang hemat daya, Qualcomm Snapdragon 430 yang ada di dalam Honor 7A didasarkan pada proses manufaktur 28nm. Wajar sih kami membandingkannya karena harga yang ditawarkan di level yang sama. So, sudah sangat jelas perbandingan kinerjanya.

Beberapa kesempatan yang digunakan, harus diakui Honor 7A belum memiliki kinerja yang mumpuni pasalnya dengan sesekali lag atau dua dari waktu ke waktu. Ponsel memang memiliki kecenderungan lambat pasalnya ketika kami baru saja menggunakannya dari kapasitas RAM 3GB sudah terkuras untuk interface nya besar sekali, alhasil hanya tersisa sekitar 1,3GB saja, padahal belum juga menginstall aplikasi lainnya.

Hal yang sama berlaku untuk game. Meskipun Honor 7A menangani game dengan grafis standar berjalan dengan baik, namun permainan grafis seperti Asphalt 8: Airborne akan membuat kami garuk-garuk kepala tentunya.

Di spesifikasi lainnya, Honor 7A didukung oleh baterai 3.000 mAh. Uji coba yang kami lakukan dengan menggunakan fitur standard untuk bermedia social perangkat ini mampu tahan hingga 10 jam bahkan jika penggunaan jarang kami bias mendapatkannya seharian penuh.

Meskipun bukan yang terbaik di kelasnya, Honor 7A harus diakui memiliki baterai yang lebih kecil dibandingkan dengan saingan yang mengemas baterai lebih besar dengan harga yang sama. Sayangnya, Honor 7A tidak mendukung pengisian cepat.

Kamera

 

Foto : Hendra Wiradi / Telset.id

Honor 7A mungkin salah satu smartphone yang memiliki kamera ganda dari merek global dengan penawaran harga yang sangat terjangkau dan bisa menjadikannya ponsel kamera ganda paling terjangkau di pasar saat ini.

Sistem kamera belakang ganda terdiri dari 13 megapiksel dan 2 megapiksel dibantu dengan autofokus dan lampu kilat LED. Sementara kamera 13 megapiksel standard dan kamera kedua dengan 2 megapiksel mampu merasakan kedalaman sehingga pengguna dapat menghasilkan foto bokeh.

Kamera 2MP sekunder hanya beraksi ketika Anda menekan mode aperture lebar khusus yang berada di posisi samping kanan. Untuk penghasilkan efek bokeh maksimal, syarat kamera Honor 7A dengan subjek memiliki jarak 2 meter. So, hasilnya bisa menjadi maksimal.

Satu  hal lagi yang kami Sayangkan, Honor 7A dibekali sedikit mode, cuma ada hanya ada mode photo, video, HDR, panorama, filter, watermark, serta mode tambahan yang saya unduh yakni document scan dan good food.

Baca juga: Honor 7A Diluncurkan, Smartphone Dual-camera Termurah?

Untuk kemera depan, Honor 7A dibekali dengan sensor 8MP dengan cahaya pengaturan untuk selfie built-in, untuk membuat hasil foto selfie terlihat lebih bagus di lingkungan minim cahaya. Honor juga membelaki fitur Mode Cantik (Beauty Mode) untuk mempermudah mendapatkan hasil gambar yang ciamik. Mode tersebut dapat membantu koreksi secara natural pada wajah yang ditangkap oleh kamera.

Kamera depan Honor 7A juga bisa difungsikan pada fitur keamanan face unlock. Jadi meski berbudget rendah, Honor 7A punya fitur keamanan setingkat flagship.

Berikut beberapa hasil fotonya;

Kesimpulan

Meski dijual dengan harga terjangkau Honor 7A memiliki beberapa fitur yang patut diperhitungkan, seperti Dual kamera belakang.

Baca juga: Honor Ungkap Strategi Jadi Nomor Satu di Indonesia

Selain itu fitur face unlock dan sim tray dengan dedicated slot untuk microSD akan memudahkan Anda meyimpan file-file lebih banyak tanpa harus mengorbankan slot SIM kedua. Selebihnya, layar 18:9 FullView

Telset mengambil keputusan kalau Honor 7A secara overall, smartphone ini sangat cocok buat Anda yang memiliki dana terbatas atau mungkin dapat digunakan untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan ponsel Android. [MS/HBS]

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI