Waspada! Malware Ini Bisa Kontrol Penuh Smartphone Android

Telset.id, Jakarta – Perusahaan keamanan siber, ESET telah menemukan malware baru yang mengintai para pengguna Android. Dilaporkan, malware tersebut mampu mengawasi serta merekam apapun aktivitas dari pengguna smartphone Android.

Dari sekian malware yang ditemukan, ada satu malware yang terdeteksi mampu mencegah pesan teks serta rekaman audio dan video masuk. Selain itu, malware tersebut juga bisa mengontrol pengaturan perangkat, mendapatkan akses lokasi, sampai melakukan panggilan hingga dapat mengakses kontak.

Diungkapkan ESET, untuk dapat menginfeksi perangkat Android, malware bernama HeroRat itu mengelabui pengguna Android untuk mau mengunduhnya, dengan menawarkan berbagai keuntungan.

Baca Juga: Ribuan Smartphone Android Sudah Dipasang Malware Prainstall

Pengguna dijanjikan akan mendapatkan beragam bonus menarik apabila bersedia mengunduh HeroRat. Hadiah yang diberikan bermacam-macam, mulai Bitcoin dan fasilitas internet gratis, hingga akan mendapatkan banyak pengikut di media sosial.

Dilansir dari Express, Kamis (28/06/2018), ketika pengguna telah mengunduh aplikasi yang telah ditanamkan malware HeroRat, otomatis malware akan memanfaatkan bot Telegram untuk mengontrol perangkat.

“Setelah memiliki akses, pelaku memanfaatkan fungsi bot Telegram untuk mengontrol perangkat milik korban. Setiap perangkat yang terkena malware tersebut akan dikontrol melalui bot dan beroperasi menggunakan aplikasi Telegram,” ujar peneliti ESET, Lukas Stefanko.

Baca Juga: Awas! Malware di Facebook Messenger Bisa Curi Password

Pihak ESET menjelaskan bahwa malware itu belum pernah dilihat di Google Play Store. Stefanko menyampaikan bahwa untuk menghindarinya, pengguna disarankan tetap menggunakan aplikasi asli yang tersedia di Google Play Store.

“Malware tersebut tidak menargetkan pengguna Telegram. Ia hanya menggunakan API bot Telegram untuk berkomunikasi dengan pengguna. Kami sarankan pengguna cek di menu How to Stay Safe di artikel untuk tips perlindungan,” ujar pihak Telegram. (SN/FHP)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -