FamilyMode, Aplikasi Pemantau Akses Internet Anak

Telset.id, JakartaT-Mobile menghadirkan aplikasi khusus bernama FamilyMode. Para orangtua bisa menggunakannya untuk memantau penggunaan internet anak, sehingga dapat meminimalkan masalah penyalahgunaan Internet pada anak.

Menariknya, FamilyMode bisa dipakai untuk memantau akses internet anak via ponsel saat menggunakan paket data maupun koneksi Wi-Fi. Bahkan, T-Mobile tak membatasi jenis layanan internet yang digunakan oleh sang anak.

Mengutip laporan CNET, Selasa (26/6), aplikasi FamilyMode akan memberi informasi lokasi secara real-time, browser, dan laporan histori aplikasi. Family Mode juga menguraikan penjadwalan bebas internet, serta batas waktu aplikasi.

Sebagai pembeda, FamilyMode memungkinkan bagi orangtua untuk memberi hadiah kepada anak melalui layanan di aplikasi. Hadiah diberikan sebagai imbalan karena sang anak terpantau mengakses internet secara aman.

Aplikasi FamilyMode sudah tersedia di semua perangkat bersistem operasi Android maupun iOS. T-Mobile menetapkan biaya langganan per bulan. Besarannya USD 20 atau Rp 280 ribu pada awal berlanganan dan USD 10 atau Rp 140 ribu per bulan selanjutnya.

Baca juga: YouTube Tambahkan Menu Kontrol Demi Keamanan Anak-anak

Pada Februari 2018 lalu, Google juga mengeluarkan aplikasi berfungsi serupa dengan FamilyMode. namanya Family Link. Aplikasi tersebut membantu orangtua menyediakan lingkungan yang aman bagi anak-anak dalam berselancar di dunia maya.

Memanfaatkan Family Link, para orangtua bisa membuat aturan dasar digital di perangkat Android yang digunakan anak. Nantinya, akun Google dihubungkan dengan Family Link. Oleh Google, aplikasi Family Link didedikasikan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun. [SN/HBS]

Sumber: CNET

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI