Investasi China di Perusahaan Teknologi AS akan Dibatasi

Telset.id, Jakarta – Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) sedang menyusun peraturan baru soal investasi. Nantinya, perusahaan dengan minimal 25 persen kepemilikan China tidak diperbolehkan membeli perusahaan AS di bidang teknologi.

Menurut Reuters, Senin (25/6), kebijakan untuk membatasi investasi China di perusahaan teknologi AS dilakukan untuk mencegah keterlibatan China dalam teknologi yang punya keterkaitan dengan industri vital di AS.

Selain kebijakan tersebut, Dewan Keamanan Nasional dan Departemen Perdagangan AS juga sedang merancang regulasi untuk meningkatkan kontrol ekspor terhadap barang-barang teknologi ke China.

Rencananya, rangkaian peraturan itu akan diumumkan pada akhir pekan nanti. Sekarang, AS masih membuka kesempatan bagi industri untuk menyampaikan pernyataan guna merespons keberadaan aturan tersebut.

Inisiatif aturan soal pembatasan investasi di perusahaan AS di bidang teknologi bertujuan menghambat strategi “Made in China 2025”. Seperti diketahui, China ingin menjadi pemimpin global di sepuluh sektor utama industri yang mencakup robot, pesawat terbang, dan mobil berenergi terbarukan.

[ Berita Terkait : Saat Silicon Valley Mulai Terusik China ]

AS berencana menggunakan Undang-undang Ekonomi Darurat Internasional Act of 1977 (IEEPA) untuk memberlakukan peraturan pembatasan investasi tersebut.

Peraturan pembatasan investasi hanya akan berlaku bagi kesepakatan investasi yang baru akan dilakukan tanpa mengganggu kesepakatan investasi yang sudah berjalan sebelumnya.

Sebelumnya, akhir Mei 2018 lalu, Gedung Putih sempat menyatakan akan mengumumkan aturan pembatasan investasi itu pada 30 Juni 2018 mendatang. Namun, baik Gedung Putih, Departemen Keuangan, maupun Departemen Perdagangan AS belum memperbarui lagi kepastian tersebut.

Source : Reuters

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

3Doodler Ciptakan Printer 3D Khusus Anak-anak Playgroup

Telset.id, Jakarta - Printer 3D selalu dianggap sebagai hobi orang-orang dewasa. Namun, perusahaan bernama 3Doodler baru-baru ini mengumumkan peluncuran...

Cantik Banget! Begini Tampilan Galaxy Buds+ Warna Merah

Telset.id, Jakarta - Ketika pertama kali memboyong Galaxy Buds+, Samsung cuma menghadirkan tiga opsi warna saja, yakni putih, biru, dan...

Asyik! Galaxy S20 dan ROG Phone 2 Bisa Mainkan Game Google Stadia

Telset.id, Jakarta - Saat pertama kali diluncurkan ke hadapan publik, Google Stadia hanya bisa dimainkan terbatas di perangkat smartphone...

Yeayy! Pengguna Bisa “Cicip” Game Android Sebelum Download

Telset.id, Jakarta - Google ingin meningkatkan ekosistem game di Android agar semakin ramah bagi para gamers. Raksasa pencarian ini menghadirkan fitur game...

Batal Meluncur di MWC, Ini Jadwal Peluncuran Oppo Find X2

Telset.id, Jakarta - Peluncuran Oppo Find X2 seharusnya digelar di Barcelona, Spanyol pada 22 Februari. Namun, karena wabah virus Corona...
- Advertisement -