Mobil Listrik VW Pecahkan Rekor Balap Mobil Bergengsi AS

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi membuat mobil listrik semakin memiliki kemampuan yang nyaris setara dengan mobil bermesin konvensional, yang menggunakan bahan bakar bensin maupun solar.

Hal ini dibuktikan pada event motorsport, dimana mobil listrik besutan Volkswagen (VW) berhasil memecahkan rekor Pikes Peak Hill Climb, salah satu agenda balap mobil bergensi di Amerika.

Pikes Peak Hill Climb adalah acara balap yang telah berlangsung sejak 1916, dengan trek ekstrim di perbukitan sepanjang 12,42 mil yang menanjak 4.720 kaki. Balapan ini juga merupakan ajang pembuktian bagi para produsen mobil untuk menguji kecepatan dan kelincahan kendaraan baru mereka.

Oktober lalu, VW mengumumkan bahwa mereka sedang membangun sebuah mobil balap listrik yang disebut ID R Pikes Peak.

Baca juga: Keren! Begini Tampang Mobil Listrik Porsche Taycan

Kendaraan rancangan khusus ini diharapkan akan memecahkan rekor catatan waktu sirkuit tersebut dan mengungkapkan kendaraan itu kembali pada Maret lalu.

Senin ini, seperti dilansir The Verge, mobil yang dikendarai oleh Romain Dumas itu berhasil mencapai target raksasa otomotif Jerman itu.

Mobil yang berpenampilan layaknya mobil bermesin konvensional itu mampu melahap seluruh trek dengan kecepatan lebih dari 90 mil per jam atau diatas 140 km/jam hanya dalam waktu kurang dari delapan menit.

Baca juga: Gokil! Mobil Tesla Roadster akan Dilengkapi Roket

Mobil-mobil listrik namoaknya cocok dipergunakan dalam balapan Pikes Peak, terutama karena tidak harus berurusan dengan masalah ketinggian dan udara tipis pegunungan.

Kendala tersebut dapat mengurangi laju mobil balap yang memiliki mesin berbahan bakar fosil, sehingga menjadikannya tempat uji kehandalan yang ideal.

Mobil listrik pertama yang menang dalam balapan tersebut adalah Honda CR-Z elektrik pada 2015 lalu. Tahun lalu produsen mobil listrik (EV) Faraday Futures juga mengikuti balapan bergengsi ini dengan meluncurkan FF9, namun hasilnya kurang memuaskan karena tidak memecahkan rekor apapun.

VW ID R Pikes Peak mencatatkan waktu resmi 7: 57.148, mengalahkan rekor EV sebelumnya PP100 e0 pada tahun 2016 hampir satu menit lebih cepat yang kala itu meraih 8: 57.118 dibesut Rhys Millen serta Peugeot 208 T16 Pikes Peak pada 2013 lalu yang dibesut pereli senior Sébastien Loeb dengan catatan waktu 8: 13.878.

Baca juga: Edan! Mobil Listrik Tesla Taklukkan Supercar [Video]

Kendati perusahaan otomotif nomer wahid dunia itu belum merilis banyak rincian tentang kendaraan listriknya, tetapi VW sedikit memberi bocoran bahwa mobil balap itu menggunakan dapur pacu alias powertrain MEB, bagian yang akan membentuk dasar untuk EV masa depan dalam armada perusahaan.

Anggota dewan VW yang bertanggung jawab untuk pengembangan mobil listrik Dr. Frank Wlsch mengatakan bahwa pelajaran yang mereka dapati dari kendaraan ini akan digunakan dalam membuat produk-produk perusahaan lainnya. [WS/HBS]

Sumber: The Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI