Yang Penting Diketahui dari Incognito Mode

Telset.id,Jakarta – Anda mungkin berpikir telah menjaga keamanan ketika browsing menggunakan Mode Penyamaran atau Incognito Mode di Google Chrome. Namun, apakah itu benar-benar aman seperti yang anda kira?

Jika Anda menggunakan peramban web Google Chrome, anda mungkin pernah mendengar tentang Mode Penyamaran atau Incognito Mode. Ini adalah fitur yang dibangun di peramban, sehingga dapat digunakan di PC, Mac, atau ponsel cerdas anda.

Mode Penyamaran dirancang untuk menyembunyikan (sebagian) aktivitas internet ketika anda mengunjungi website.

Untuk menggunakannya, anda perlu menginstal Google Chrome. Di PC, cukup tekan CTRL-SHIFT-N pada keyboard Anda untuk mengaktifkannya. Sedangkan untuk pengguna Mac, anda harus menekan CMD-SHIFT-N.

Sementara pengguna iPhone harus masuk ke pengaturan aplikasi Chrome dan memilih buka tab Mode Penyamaran.

Baca juga: Hore! Incognito Mode Segera Hadir di YouTube

Mode Penyamaran sangat berguna, karena dapat mencegah browser anda menyimpan informasi tentang apa saja yang anda lakukan di komputer anda ketika online.

Misalnya, situs web apa pun yang anda kunjungi saat berada dalam Mode Penyamaran, tidak akan muncul dalam riwayat perambanan anda.

Anda juga tidak akan menyimpan cookie baru, yaitu file komputer kecil yang memberi tahu jika anda pernah berada di halaman webiste yang pernah anda kunjungi sebelumnya.

Ini juga tidak akan menyimpan data situs apa pun, jika anda masuk ke webiste, anda akan keluar dalam mode penyamaran. Informasi anda tidak akan disimpan untuk digunakan ketika anda mengunjungi webiste dan diminta login.

Hal itulah yang membuat Mode Penyamaran sangat berguna, terutama jika anda mencoba menyembunyikan apa yang anda lakukan dari orang lain di rumahanda.

Misalnya, ketika anda sedang mencari hadiah ulang tahun untuk pasangan anda, menggunakan Mode Penyamaran berarti orang lain tidak akan dapat melihat apa yang anda cari.

Atau jika anda ingin mencari sesuatu di internet, tetapi tidak ingin website terus menayangkan iklan untuk produk itu di masa mendatang, Mode Penyamaran akan mencegah situs tersebut mengetahui bahwa anda tertarik dengan suatu item.

Lalu, apa yang tidak disembunyikan oleh Mode Penyamaran atau Incognito Mode?

Telah disebutkan bahwa Mode Penyamaran menghentikan Google Chrome menyimpan history penjelajahan anda di komputer anda sendiri.

Baca juga: Begini Cara Lihat History Saat Gunakan Chrome Incognito

Dengan demikian, artinya siapa pun di jaringan Wi-Fi anda tetap berpotensi menggunakan software khusus untuk memata-matai website apa yang anda jelajahi.

Atasan anda juga dapat menggunakan teknologi serupa untuk melihat apa yang biasanya anda cari di tempat kerja. Sehingga, sangat mungkin bahwa atasan anda dapat mencatat setiap websige yang anda kunjungi saat bekerja. [BA/HBS]

Sumber: The Sun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI