Polisi Amerika Latih Anjing untuk Temukan Thumb Drive

Telset.id, Jakarta – Kepolisian di Amerika Serikat (AS) menggunakan anjing untuk mengendus thumb drive, ponsel, dan barang elektronik lainnya. Mereka melatih anjing pelacak untuk menemukan bau kimia dari perangkat elektronik.

Ini merupakan program K-9 yang ada di seluruh AS, namun tidak banyak yang tahu. Program ini  dirahasiakan selama bertahun-tahun sehingga pihak berwenang bisa menangkap penjahat yang tidak curiga tanpa mengalami komplikasi dan memastikan anjing-anjing itu tidak membuat kesalahan.

Pada tahun 2015 lalu, ada sebuah kasus yang menarik perhatian para anjing untuk menemukan perangkat keras melalui indera penciuman mereka. Seekor anjing Labrador bernama Bear menemukan flash drive seorang pria yang berisi video pornografi anak, yang menjadi barang bukti dalam kasus yang menimpa pria itu.

Seorang instruktur K-9 untuk Kepolisian Negara Bagian Connecticut mengatakan kepada CNET, dari 50 anjing yang diuji, hanya satu ekor yang biasanya memiliki hidung yang cukup kuat untuk mengidentifikasi aroma lemah dalam elektronik.

Seperti dilaporkan CNET, anjing ini dapat mengendus senyawa kimia trifenilfosfin oksida, yang dapat ditemukan di semua gadget yang memiliki memori.

Instruktur ini mengatakan mengendus elektronik lebih sulit dibandingkan mengendus bom, obat-obatan, manusia, atau cairan yang mudah terbakar.

Anjing jenis Labrador cenderung memiliki moncong yang bagus yang diperlukan dalam pekerjaan ini. Anjing yang mampu mendeteksi aroma dikenal sebagai anjing electronic storage detection (ESD).

Menurut laporan CNET, anjing Labrador retriever Harley diberi makan beberapa potong kibble untuk setiap perangkat yang dia temukan.

Ketika tidak ada elektronik yang harus dicari , operatornya akan melatihnya dengan menyembunyikan perangkat elektronik di seluruh rumah.

Baca juga: “Manusia Ikan” Suku Bajau Mampu Menyelam 70 Meter

Seminggu sekali, dia mendapat hari libur di mana dia diberi makan tanpa harus menemukan barang elektronik. Bila tidak, mereka membuat rejimen ketat sehingga anjing termotivasi untuk mencari thumb drives.

Anjing dapat menemukan kartu SIM yang memiliki catatan panggilan telepon, menemukan iPhone, bahkan mengidentifikasi kamera pengawas di tempat tersembunyi seperti gantungan mantel.

Setidaknya ada 17 program ESD di AS yang digunakan oleh polisi lokal dan FBI, dan laporan tentang program telah meningkat dalam tiga tahun terakhir. [BA/HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -