Duh! Yahoo Messenger Bakal Punah setelah 17 Juli 2018

Telset.id, Jakarta – Yahoo resmi mengumumkan bahwa layanan Yahoo Messenger akan punah setelah 17 Juli 2018. Dilaporkan Engadget, jika pengguna mencari pengganti Yahoo Messenger, Yahoo merekomendasikan produk Squirrel, yang saat ini masih dalam versi beta.

Pengumuman soal penutupan Yahoo Messenger disampaikan pada Jumat (8/6). Pengguna Yahoo Messenger bisa mengunduh riwayat obrolan selama enam bulan terakhir di situs permintaan unduhan. Riwayat obrolan akan dikirim melalui email kepada pengguna.

Sebelum Yahoo Messenger, AOL Instant Messenger lebih dulu ditutup pada 15 Desember 2017. Namun, beberapa pihak menyayangkan keputusan tersebut mengingat Yahoo Messenger adalah satu dari beberapa layanan pesan lama-sekolah yang sebenarnya masih tersisa.

“Kami tahu banyak penggemar setia yang masih menggunakan Yahoo Messenger sejak awal sebagai satu aplikasi obrolan,” kata Yahoo, seperti dikutip Telset.id dari Engadget.

“Karena lanskap komunikasi terus berubah, kami berfokus untuk membangun dan memperkenalkan alat komunikasi baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen,” sambung Yahoo lagi.

Sebelumnya, tersiar kabar bahwa Yahoo merencakan menutup Yahoo Messenger sejak 2016 silam. Yahoo bahkan sudah mengeluarkan pengumuman secara resmi. Menurut Yahoo, Yahoo Messenger tak lagi eksis mulai 5 Agustus 2016 lalu. Namun, ada informasi Verizon masuk sebagai investor.

Awal Mei 2018, Yahoo ancang-ancang dengan mencoba peruntungan, yakni meluncurkan chat room baru bernama Squirrel. Aplikasi tersebut bahkan sudah tersedia di Google Play Store untuk perangkat Android dan Apple Store untuk iOS.

Baca juga: Yahoo Punya Grup Obrolan Baru, Namanya Squirrel

Di Squirrel ini pengguna bisa mengatur grup yang berbeda untuk mengobrol. Pengguna juga bisa membuat ruang yang berbeda untuk membahas berbagai topik. Di Squirrel, pengguna bisa membuat ruang rahasia yang hanya diketahui oleh teman dan anggota keluarga tertentu.

Lalu, bagaimana caranya? Simpel, pengguna cukup mengundang teman dan anggota keluarga melalui tautan untuk bergabung. Itu pun tanpa perlu membagikan informasi apapun, termasuk kontak, kepada Yahoo. Berikut fitur-fitur yang ada di Squirrel:

  1. Rooms: Buatlah ruang obrolan untuk orang atau topik tertentu.
  2. Mute: Matikan pemberitahuan di ruang obrolan yang sekiranya menganggu.
  3. Secret Rooms: Gunakan ruang rahasia untuk obrolan pribadi dengan orang-orang tertentu.
  4. Reactions: Jadikan ruang obrolan sebagai sarana bersendagurau.
  5. Blasts: Pastikan semua orang di grup melihat pesan penting.
  6. Attachments: Bagikan foto, dokumen, atau tautan.
  7. Activity View: Jangan pernah melewatkan pesan penting.

Sumber: Engadget

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI