Google Janji Tidak akan Gunakan AI untuk Senjata

Telset.id, Jakarta – Ada kekhawatiran ketika teknologi AI atau kecerdasan buatan mulai berkembang dan dipergunakan untuk banyak hal. Salah satunya adalah bahwa ini mungkin saja mencederai atau melukai orang. Namun demikian, Google menegaskan bahwa hal ini tidak akan terjadi.

Dalam sebuah mengumumkan yang dibuatnya Kamis kemarin, raksasa teknologi itu mengatakan bahwa mereka tidak akan menggunakan kecerdasan buatan untuk senjata atau hal lainnya yang dapat “menyebabkan atau secara langsung memfasilitasi cedera bagi orang-orang.”

Kendati demikian, seperti disampaikan Chief executive Sundar Pichai lewat postingan blog, itu tidak lantas membuat Google berhenti bekerjasama dengan pemerintah dan militer di banyak bidang lain, termasuk keamanan dunia maya, pelatihan, dan pencarian serta penyelamatan.

Berita ini datang setelah Google mendapat tekanan dari karyawan dan orang lain atas kontrak dengan militer AS, yang disebut raksasa teknologi itu tidak akan diperbarui.

Pichai menetapkan tujuh prinsip untuk aplikasi kecerdasan buatan Google, atau komputasi canggih yang dapat mensimulasikan perilaku manusia yang cerdas. Dia mengatakan, Google menggunakan AI “untuk membantu orang-orang mengatasi masalah yang mendesak” seperti prediksi kebakaran hutan, membantu petani, mendiagnosis penyakit atau mencegah kebutaan.

“Kami mengakui bahwa teknologi canggih seperti itu menimbulkan pertanyaan yang sama kuatnya tentang penggunaannya,” kata Pichai di blog.

“Bagaimana AI dikembangkan dan digunakan akan memiliki dampak yang signifikan pada masyarakat selama bertahun-tahun yang akan datang. Sebagai pemimpin dalam AI, kami merasakan tanggung jawab yang mendalam untuk mendapatkan hak ini.”

Lebih jauh Pichai mengatakan program AI Google akan dirancang untuk aplikasi yang “bermanfaat secara sosial” dan “menghindari menciptakan atau memperkuat bias yang tidak adil.”

“Google akan menghindari penggunaan teknologi apa pun yang menyebabkan atau cenderung menyebabkan kerusakan,” pungkas Pichai seperti dilaporkan Phys.

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...

Kangen Kampus, Mahasiswa Ini Kuliah di Minecraft

Telset.id, Jakarta  – Saking kangennya sama kampus lantaran lama tak studi, mahasiswa Universitas Ashoka di India membuat simulasi kuliah...
- Advertisement -