Google Janji Tidak akan Gunakan AI untuk Senjata

Telset.id, Jakarta – Ada kekhawatiran ketika teknologi AI atau kecerdasan buatan mulai berkembang dan dipergunakan untuk banyak hal. Salah satunya adalah bahwa ini mungkin saja mencederai atau melukai orang. Namun demikian, Google menegaskan bahwa hal ini tidak akan terjadi.

Dalam sebuah mengumumkan yang dibuatnya Kamis kemarin, raksasa teknologi itu mengatakan bahwa mereka tidak akan menggunakan kecerdasan buatan untuk senjata atau hal lainnya yang dapat “menyebabkan atau secara langsung memfasilitasi cedera bagi orang-orang.”

Kendati demikian, seperti disampaikan Chief executive Sundar Pichai lewat postingan blog, itu tidak lantas membuat Google berhenti bekerjasama dengan pemerintah dan militer di banyak bidang lain, termasuk keamanan dunia maya, pelatihan, dan pencarian serta penyelamatan.

Berita ini datang setelah Google mendapat tekanan dari karyawan dan orang lain atas kontrak dengan militer AS, yang disebut raksasa teknologi itu tidak akan diperbarui.

Pichai menetapkan tujuh prinsip untuk aplikasi kecerdasan buatan Google, atau komputasi canggih yang dapat mensimulasikan perilaku manusia yang cerdas. Dia mengatakan, Google menggunakan AI “untuk membantu orang-orang mengatasi masalah yang mendesak” seperti prediksi kebakaran hutan, membantu petani, mendiagnosis penyakit atau mencegah kebutaan.

“Kami mengakui bahwa teknologi canggih seperti itu menimbulkan pertanyaan yang sama kuatnya tentang penggunaannya,” kata Pichai di blog.

“Bagaimana AI dikembangkan dan digunakan akan memiliki dampak yang signifikan pada masyarakat selama bertahun-tahun yang akan datang. Sebagai pemimpin dalam AI, kami merasakan tanggung jawab yang mendalam untuk mendapatkan hak ini.”

Lebih jauh Pichai mengatakan program AI Google akan dirancang untuk aplikasi yang “bermanfaat secara sosial” dan “menghindari menciptakan atau memperkuat bias yang tidak adil.”

“Google akan menghindari penggunaan teknologi apa pun yang menyebabkan atau cenderung menyebabkan kerusakan,” pungkas Pichai seperti dilaporkan Phys.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Akun Twitter FC Barcelona dan Komite Olimpiade Diretas Hacker

Telset.id, Jakarta - Tiga akun Twitter olahraga populer, termasuk milik klub sepak bola asal Spanyol, FC Barcelona diretas hacker. Hal...

Apple Segera Rilis iPad Pro 5G Tahun Ini?

Telset.id, Jakarta  - Menurut rumor, Apple kemungkinan besar tidak hanya akan menghadirkan iPhone 5G pada 2020. Kuat dugaan, tahun...

Cegah Corona, Apple Store Periksa Suhu Tubuh Setiap Pengujung

Telset.id, Jakarta - Apple memberlakukan kebijakan baru. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini mewajibkan Apple Store di China untuk...

Indosat PHK 677 Karyawan, Apa Sebabnya?

Telset.id, Jakarta - Manajemen Indosat Ooredoo secara resmi mengumumkan keputusannya untuk melakukan PHK terhadap 677 karyawan. Operator ini melakukannya...

Soal PHK, Serikat Pekerja Indosat Bakal Tempuh Jalur Hukum

Telset.id, Jakarta - Serikat Pekerja Indosat masih melakukan negosiasi kepada manajemen Indosat terkait kasus PHK 500 karyawan. Tidak menutup...
- Advertisement -
X
X