Sebelum Mudik, Siapkan 7 Hal Ini di Ponsel Anda

Telset.id – Saat menjelang mudik Lebaran, banyak orang yang membeli ponsel baru untuk dibawa ke kampung halaman saat mudik. Ada beberapa hal penting yang harus disiapkan dengan ponsel baru Anda, agar perjalanan mudik bisa berjalan lancar.

Kenapa harus melakukan ini? Karena ada banyak hal berguna yang dapat Anda lakukan dengan ponsel Android yang mungkin belum Anda ketahui. Nah! sebelum mudik lebaran ada baiknya Anda lakukan pengaturan ponsel Android yang digunakan.

Tim Telset.id akan memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan fitur-fitur di ponsel Android Anda. Berikut ini 7 hal penting yang harus dilakukan pada ponsel Android sebelum mudik Lebaran:

1. Prioritaskan Notifikasi

Macet sudah barang tentu membosankan. Nah untuk menghindari bosan, ada baiknya Anda mengatur notifikasi aplikasi di ponsel Anda. Pasalnya pada Android 8.0 Oreo, fasilitas notifikasi telah ditingkatkan. Anda dapat masuk ke masing-masing aplikasi dan mengontrol apakah Anda melihat titik notifikasi (titik yang muncul di atas ikon) dan lainnya.

Ini adalah cara terbaik untuk memprioritaskan dan menyesuaikan telepon Anda sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengubah pengaturan yang berbeda. Berikut ini caranya:

• Tekan dan tahan aplikasi yang ingin Anda ubah untuk memunculkan menu
• Pilih dari pengaturan yang tersedia untuk Anda, termasuk titik pemberitahuan

2. Menghemat Data

Menghemat kuota Data internet merupakan hal yang sangat penting saat mudik. Mau tau cara menghematnya? Tentunya dengan mengatur aplikasi Chrome Anda untuk menghemat data dan tentunya juga berimbas ke penghematan waktu dan uang dengan mengurangi penggunaan data.

Kebanyakan pengguna tidak mengetahui ini. Paling tidak dengan menggunakan pengaturan ini penggunaan data bisa hemat hingga 30 persen dalam satu bulan terakhir. Berikut ini caranya:

Buka Chrome > Pengaturan > Penghemat Data dan nyalakan.

3. Optimalkan Baterai 

Tidak peduli perangkat Android yang Anda miliki, apakah baru atau lama., ada cara untuk meningkatkan masa pakai baterai dari awal. Pertama, Anda harus mematikan ‘ambient display’ atau ‘adaptive brightness‘. Pengaturan ini mengubah kecerahan tampilan berdasarkan kondisi pencahayaan.

Sensor yang digunakan untuk menentukan tingkat cahaya tidak seakurat mata manusia, Anda dapat mengatur kecerahan tampilan yang lebih sesuai kondisi, dan karena tampilan adalah area utama di mana masa pakai baterai menjadi boros.

So! pastikan Anda mengaturnya di tingkat serendah mungkin. Tidak hanya pencahayaan layar yang diatur untuk menghemat baterai. Anda juga bisa menggunakan fasilitas mode hemat baterai. Tapi saran kami sih, jika kondisi mendesak saja ya, tidak membawa power bank.

4. Berikan Izin Aplikasi Secara Individual

Ini adalah sesuatu yang telah tersedia sejak Android Marshmallow. Ini memiliki fitur keren yang harus Anda coba: granular app permissions. Fitur ini memungkinkan Anda memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses perangkat keras atau data di ponsel Anda berdasarkan kebutuhan.

Jadi, jika aplikasi perlu mengakses mikrofon, aplikasi akan meminta izin kepada Anda untuk melakukannya saat Anda meluncurkan aplikasi.

5. Gunakan Google Asisten

Anda mungkin akrab dengan Google Asisten, yang dapat Anda gunakan untuk mengambil informasi dengan cepat dan mudah ketika perjalanan mudik. Anda bisa menggunakannya untuk mencari restoran atau fasilitas umum lainnya dengan mudah. Tidak hanya itu fitur ini bisa berfungsi informasi jalanan yang Anda lewati.

6. Aktifkan Fitur Find My Device

Meski terlihat remeh, fasilitas ini harus Anda aktifkan. Kalau-kalau ponsel Anda terjatuh atau tertinggal saat istirahat di restoran, anda dapat dengan mudah mencarinya. Atau pun iya tidak ketemu Anda bisa menghapus data ponsel Anda dari jarak jauh. Fasilitas ini lebih kepada keamanan sih.

Begini caranya:

Settings > Security > Device Administrators.  Selanjutnya centang kotak di sebelah  Find My Device

7. Hemat waktu dengan NFC

Banyak orang bahkan tidak menyadari apa itu NFC, bagaimana cara kerjanya atau apa yang dapat dilakukannya untuk Anda. Tapi NFC itu brilian. Satu ketukan dapat memasangkan headphone Bluetooth Anda ke ponsel Anda, mentransfer semua konten dari ponsel lama Anda ke yang baru, atau bahkan mengirim pesan default ke kontak ketika Anda berjalan di pintu di rumah. [MS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here