Kamera Smartphone akan Setara DSLR atau Mirrorless? Ini Kata Zeiss

Telset.id, Jakarta – Saat ini teknologi kamera pada smartphone makin canggih saja. Bahkan sekarang, beberapa merk smartphone telah menyematkan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) di kamera smartphone andalan mereka untuk memberikan hasil foto atau video terbaik.

Pertanyaannya sekarang, akankah kemampuan kamera smartphone bakal setara dengan kamera DSLR atau mirrorless? Dijelaskan Product Manager Zeiss, Oliver Schindelbeck, kamera smartphone mungkin akan sampai ke tingkat yang membuatnya setara dengan kamera DSLR ataupun mirrorless.

“Hardware kamera smartphone saat ini adalah teknologi yang sangat matang,” katanya, saat dihubungi tim Telset.id melalui conference call via Skype di Jakarta, Kamis (17/05/2018).

“Teknologi pencitraan pada kamera smartphone telah melalui banyak hal dalam beberapa tahun terakhir,” tambah Oliver.

Meski begitu, Oliver menyatakan bahwa peningkatan yang terjadi pada kamera smartphone tidak akan sampai menggerus eksistensi kamera DSLR dan mirrorless ke depannya. Sebab, ketiganya mewakili berbagai kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Tips Hasilkan Foto ‘Canggih’ dengan Kamera Ponsel

“Ada banyak pro dan kontra soal kamera smartphone, DSLR dan mirrorless. Semuanya memiliki tempat di dunia fotografi. Penting untuk mempertimbangkan berbagai kebutuhan pengguna,” jelas Oliver.

Di kesempatan yang sama, Head of Marketing APAC HMD Global, Shane Chiang juga menyatakan bahwa teknologi kamera pada smartphone saat ini bergantung pada tiga hal, yakni sensor, lensa dan juga software.

“Untuk membuat foto yang berkualitas, sensor, lensa dan software harus bekerja selaras satu sama lain,” ungkap Shane.

“Ini adalah tentang menemukan keseimbangan sempurna antara semua ini untuk pengalaman pencitraan pengguna yang diinginkan,” lanjutnya.

Baca Juga: Zeiss: AI jadi Tren Baru Kamera Smartphone

Seperti diketahui sebelumnya, beberapa smartphone yang telah beredar sekarang telah memiliki teknologi berbasis AI pada kameranya agar dapat “setara” dengan kualitas kamera DSLR ataupun mirrorless.

Salah satu contohnya adalah Huawei P20 dan P20 Pro. Berkat AI yang dipadu dengan hardware dan software kamera yang mumpuni, kedua smartphone ini mampu menempati posisi teratas sebagai smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark. (FHP)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Beredar Video Diduga Korban Virus Corona Berjatuhan di Jalanan

Telset.id, Jakarta - Muncul video viral di media sosial yang diduga berkaitan dengan virus Corona. Video ini memperlihatkan sejumlah...

Heboh! Sunda Empire Masuk Laman Wikipedia PBB

Telset.id, Jakarta - Kontroversi mengenai Sunda Empire terus terjadi akhir-akhir ini. Yang terbaru, kelompok yang dipimpin HRH Ki Ageng...

iRobots, Robot Cacing yang Bisa “Merangkak” ke Otak Manusia

Telset.id, Jakarta - Bagaimana jadinya kalau ada robot cacing masuk ke dalam kepala, dan terus masuk menuju otak Anda? Well,...

Samsung Garap Fitur Quick Share, Contek AirDrop Apple?

Telset.id, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang mengembangkan fitur bernama Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk kirim file antar smartphone...

Ngakak! Sejumlah TikTokers Pria Celupkan Testis ke Kecap

Telset.id, Jakarta - Ada-ada saja kelakuan pengguna TikTok yang bikin ngakak. Sejumlah TikTokers pria melakukan eksperimen aneh dengan celupkan...
- Advertisement -