Waduh! Perubahan Spektrum dari 4G ke 5G Ganggu Radar Cuaca

Telset.id, Jakarta – Saat ini semua penyedia jasa selular tengah menyiapkan infrastruktur untuk mendukung jaringan 5G. Teknologi paling anyar ini sangat dinanti para pengguna perangkat selular dan internet karena dinilai jauh lebih unggul ketimbang jaringan 4G maupun yang ada saat ini.

Namun, ada kabar kurang enak terkait langkah perpindahan ke pita 5.6GHz dari pita 3.6GHz yang akan dilakukan penyedia jasa selular. Menurut zdnet, Senin (14/5/2018), Biro Meteorologi Australia (BoM) menyatakan perpindahan ini dapat mengganggu radar cuaca di sebagian besar negara di benua Kanguru itu.

“Biro Meteorologi prihatin dengan realokasi Wireless Internet Service Provider (WISPs) ke pita 5.6GHz karena dapat mengganggu radar yang ada dan membatasi ekspansi masa depan dan konfigurasi ulang jaringan radionya,” ungkap BoM dalam pernyataannya.

Spektrum 5.6GHz saat ini digunakan untuk 47 radar cuaca C-Band milik BoM. Sedangkan lokasi radar cuaca yang berpotensi terkena dampak yang ditampilkan pada peta BoM meliputi Sydney (Kurnell), Bandara Melbourne, Melbourne (Laverton), Adelaide (Sellicks Hill), Bandara Perth, Perth (Serpentine), Bandara Hobart, Hobart (Mt Koonya), Cairns , Townsville (Range Hervey), Wagga Wagga, Kalgoorlie, Mildura, Geraldton, NW Tasmania (West Takone), Yarrawonga, Broadmeadows, Gunung Gambier, Moree, Woomera, Ceduna, Bairnsdale, Warrego, Longreach, Mackay, Bowen, Weipa, Albany, Esperance, Newdegate, Doodlakine Selatan, dan Watheroo.

Walaupun banyak daerah terganggu, tapi ada juga radar cuaca C-band yang tidak seperti di Darwin (Berrimah), Bandara Darwin, Alice Springs, Broome, Pulau Norfolk, Katherine (Tindal), Port Hedland, Mornington Island, Pulau Willis, Warruwi, Wyndham, Halls Creek, Dampier, Learmonth, Carnarvon, dan Giles.

Otoritas Komunikasi dan Media Australia (ACMA) sebenarnya telah berkonsultasi dengan BoM secara langsung melalui email dan juga proses konsultasi publik mengenai realokasi spektrum sebelum mencapai keputusan untuk mengalihkan WISP dan penyedia satelit untuk memberi jalan bagi broadband seluler.

ACMA telah merilis rencana lima tahun untuk alokasi spektrum pada Oktober bersama berbagai langkah mitigasi untuk pengguna incumbent di band 3.6GHz, termasuk komitmen untuk mengembangkan pengaturan untuk layanan broadband nirkabel berbasis situs di pita 5.6GHz, dukungan untuk akses berkelanjutan ke spektrum dan mengidentifikasi zona perlindungan stasiun bumi di pantai timur Australia.

Ini juga mengikuti argumen dari ISP nirkabel dan kelompok satelit bahwa spektrum tidak harus diambil dari mereka dan diberikan kepada perusahaan telekomunikasi seluler.

Maret lalu Menteri Komunikasi Australia Mitch Fifield mengumumkan bahwa layanan di pita 3,6GHz saat ini akan memiliki waktu operasi hingga tujuh tahun lagi di wilayah regional. Tapi layanan tersebut hanya akan berlangsung dua tahun lagi di sebagian besar kota-kota.

“Saya telah mempertimbangkan dengan hati-hati implikasi untuk regional Australia dalam membuat keputusan ini dan deklarasi ini memberikan perlindungan bagi pengguna yang sudah ada di band sementara memastikan Australia berada pada posisi yang baik untuk mengambil keuntungan dari teknologi 5G di tahun-tahun mendatang,” kata Fifield kala itu.

“Rekomendasi ACMA ini memberikan periode realokasi tujuh tahun yang belum pernah terjadi sebelumnya di kawasan Australia. Ini akan memungkinkan para pemegang saham, seperti operator broadband nirkabel tetap regional, untuk terus memberikan layanan hingga pertengahan dekade berikutnya. Ini dapat terus berlanjut melampaui periode realokasi jika disetujui dengan pemegang lisensi spektrum baru. ”

Ini mengikuti rilis kertas kebijakan 5G pemerintah federal, yang mengatakan ACMA akan membawa pita spektrum 3.6GHz untuk penggunaan 5G untuk dilelang pada 2018. [WS/IF]

Source Link

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI