7 Tips Hasilkan Foto Keren Pakai Smartphone ‘Jadul’

trick using smartphone camera

Telset.id – Dengan perkembangan teknologi kamera pada smartphone, Anda tidak perlu lagi membeli kamera digital yang mahal untuk mendapatkan foto keren yang bisa Anda pamer di media sosial.

Smartphone modern yang ada di saku Anda saat ini sebenarnya sudah bisa menghasilkan foto yang tak kalah keren bila dibandingkan dengan hasil jepretan kamera digital.

Tak usah heran, karena smartphone yang ada di pasaran saat ini sudah dibekali lensa yang bagus, dan juga fitur-fitur kamera yang canggih. Meski begitu, Anda tetap harus tahu bagaimana cara memotret yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tapi bagaimana jika smartphone yang Anda gunakan masih kategori jadul alias smartphone lama? Harus diakui, smartphone lama belum dilengkapi fitur-fitur yang supercanggih yang bisa merekayasa foto menjadi lebih bagus.

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat sebuah foto menjadi bagus selain kameranya yang canggih. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan jika ingin menghasilkan foto yang baik dengan smartphone jadul kesayangan Anda:

1. Pilihan Waktu Pengambilan Foto

Hasil gambar untuk foto sunrise

Kualitas cahaya adalah segalanya dalam sebuah foto. Jika Anda ingin memotret di luar ruangan, waktu terbaik untuk mengambil foto adalah selama dua “waktu ajaib”, yakni tepat setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam. Pada saat itulah, pencahayaan lebih lembut dan tidak terlalu terang.

2. Memotret Siang Hari

Gambar terkait

Jika Anda memotret pada siang hari, hindari memotret objek atau orang di bawah sinar matahari langsung. Carilah tempat yang teduh di mana pencahayaan akan lebih seragam. Hari yang mendung juga saat yang tepat untuk memotret di luar ruangan, saat awan menutupi cahaya.

3 Pastikan Kamera Mendapatkan Cahaya

Hasil gambar untuk kamera smartphone dynamic range

Sensor pada kamera smartphone memiliki jangkauan dinamis atau dynamic range yang terbatas. Smartphone memiliki kemampuan terbatas untuk menangkap informasi dari bagian foto yang paling terang hingga yang paling gelap.

Baca juga: Tips Foto Bokeh Pakai Xiaomi Redmi Note 5

Oleh sebab itu, untuk memastikan kamera smartphone Anda menangkap cahaya, cobalah atur eksposur dengan mengetuk layar ke bagian paling terang, yang biasanya adalah langit.

Bila hasil foto tampak gelap, biasanya dapat diubah menjadi terang menggunakan aplikasi Lightroom atau Afterlight.

4. Atur Komposisi yang Baik

Hasil gambar untuk kamera smartphone komposisi

Dalam fotografi, aturan sepertiga merupakan pedoman yang membantu fotografer membuat framing dengan komposisi yang menarik. Sebagian besar ponsel pintar memiliki fitur grid yang dapat membantu menentukan titik utama yang akan menjadi inti dalam foto.

Sebagai contoh, ketika memotret sebuah objek manusia. Buatlah suatu frame sehingga anda memotongnya di tengah-tengah atau di atas paha. Ruang di atas kepala juga merupakan hal yang penting. Cobalah agar tidak meninggalkan terlalu banyak atau terlalu sedikit ruang kosong di atas subjek anda.

Cobalah memotret pada sudut yang berbeda untuk mengubah rasa dari foto. Saat memotret lanskap, cobalah menggunakan foreground atau menangkap sesuatu di latar depan untuk menambah kedalaman foto.

5. Menggunakan Aplikasi Kamera

Hasil gambar untuk best camera apps

 

Jika aplikasi kamera bawaan smartphone Anda tidak memberi banyak menu kendali, cobalah mengunduh aplikasi pihak ketiga. Camera+ misalnya. Aplikasi ini akan memungkinkan pengguna bereksperimen dengan ISO, shutter, aperture dan parameter lainnya, sehingga memberi pengguna kebebasan ketika memotret.

6. Potrait Mode

Gambar terkait

Ponsel pintar memiliki menu Potrait Mode yang akan menambah kedalaman bidang, seperti hasil jepretan kamera DSLR. Untuk menghasilkan hasil terbaik, gunakan ketika ada cukup banyak cahaya dan kedalaman di belakang objek.

7. Gunakan Aksesori Lensa

Hasil gambar untuk smartphone aksesoris lensa

Cara yang baik untuk menjadi lebih kreatif dengan kamera smartphone yakni menggunakan tambahan aksesori lensa. Di pasaran ada banyak lensa asesoris untuk smartphone yang mirip seperti yang digunakan pada kamera DSLR.

Lensa fisheye misalnya, lensa ini dapat memberi Anda bidang pandang yang sangat luas, yang membantu mengambil beberapa jepretan kreatif.

Lensa sudut lebar atau wide-angle lens, berguna untuk memperluas bidang pandang kamera. Lensa ini memungkinkan anda mengambil bidikan lanskap dengan hasil yang lebih dramatis, atau bahkan foto di dalam ruangan atau di ruang terbatas.

Baca juga: 10 Tips Fotografi Makro dengan Smartphone 

Lensa telefoto sangat bagus untuk memotret objek yang berada di kejauhan. Lensa ini juga bagus digunakan ketika mengambil foto dari jarak dekat

Lensa makro memungkinkan anda mengambil bidikan yang sangat dekat. Seperti lensa fisheye, lensa makro akan menjadikan foto menjadi lebih artistik. [BA/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here