Elon Musk akan Dilengserkan dari Tesla, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Menjelang rapat umum tahunan Tesla pada Juni 2018, pemegang saham Tesla, Jing Zhao mengajukan proposal. Ia ingin mengganti Ketua Dewan Tesla, Elon Musk.

Dilaporkan TechCrunch, Jing Zhao ingin Ketua Dewan Tesla diisi oleh seorang direktur independen. Musk sendiri telah menduduki jabatan tersebut sejak 2004 atau 14 tahun lalu.

“Sekarang, industri teknologi jauh lebih kompetitif dan berubah secara cepat. Artinya, kini lebih sulit untuk mengawasi bisnis Tesla. Harus ada minimalisasi potensi konflik, ”tulis Zhao dalam proposal.

Jing Zhao, yang memegang 12 persen saham Tesla, juga menyinggung posisi Musk di SolarCity dan SpaceX. Ia menyebut, keterlibatan Musk di berbagai proyek berpotensi mengakibatkan selisih paham.

Menanggapi proposal Jing Zhao, jajaran direksi dan pemegang saham Tesla merekomendasikan pemungutan suara. Namun, secara tersirat, mereka menyatakan bahwa Tesla tak akan berhasil tanpa kehadiran Musk.

Belum lama ini, CNBC melaporkan, Musk mempunyai banyak rencana untuk masa depan perusahaannya. Tapi, rencana-rencana besar Musk kemungkinan bisa mengorbankan bisnis intinya, yakni Tesla.

Baca juga: Kebanyakan Proyek, Elon Musk Bisa Hancurkan Tesla?

Selain Tesla, Musk diketahui memimpin proyek SolarCity, SpaceX, dan Hyperloop. Tesla didirikan oleh Musk dan teman-teman pada 2003, setahun setelah pendirian SpaceX.

Menurut laporan CNBC, Musk ingin membangun mobil yang berharga lebih terjangkau. Ia menggunakan Tesla untuk memasarkan produk energi berkelanjutan lainnya.

Pada 2008, Musk telah mengambil alih Tesla Motors dan menduduki jabatan sebagai CEO. Pada 2010, Tesla menjadi perusahaan milik publik. Ambisi Musk pun terus tumbuh.

Pada 2012, kekayaan bersih Musk mencapai 1 miliar dolar AS. Pada 2013, Musk meluncurkan desain untuk sistem transportasi baru yang disebut Hyperloop. [SN/HBS]

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...

Kangen Kampus, Mahasiswa Ini Kuliah di Minecraft

Telset.id, Jakarta  – Saking kangennya sama kampus lantaran lama tak studi, mahasiswa Universitas Ashoka di India membuat simulasi kuliah...
- Advertisement -