Elon Musk akan Dilengserkan dari Tesla, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Menjelang rapat umum tahunan Tesla pada Juni 2018, pemegang saham Tesla, Jing Zhao mengajukan proposal. Ia ingin mengganti Ketua Dewan Tesla, Elon Musk.

Dilaporkan TechCrunch, Jing Zhao ingin Ketua Dewan Tesla diisi oleh seorang direktur independen. Musk sendiri telah menduduki jabatan tersebut sejak 2004 atau 14 tahun lalu.

“Sekarang, industri teknologi jauh lebih kompetitif dan berubah secara cepat. Artinya, kini lebih sulit untuk mengawasi bisnis Tesla. Harus ada minimalisasi potensi konflik, ”tulis Zhao dalam proposal.

Jing Zhao, yang memegang 12 persen saham Tesla, juga menyinggung posisi Musk di SolarCity dan SpaceX. Ia menyebut, keterlibatan Musk di berbagai proyek berpotensi mengakibatkan selisih paham.

Menanggapi proposal Jing Zhao, jajaran direksi dan pemegang saham Tesla merekomendasikan pemungutan suara. Namun, secara tersirat, mereka menyatakan bahwa Tesla tak akan berhasil tanpa kehadiran Musk.

Belum lama ini, CNBC melaporkan, Musk mempunyai banyak rencana untuk masa depan perusahaannya. Tapi, rencana-rencana besar Musk kemungkinan bisa mengorbankan bisnis intinya, yakni Tesla.

Baca juga: Kebanyakan Proyek, Elon Musk Bisa Hancurkan Tesla?

Selain Tesla, Musk diketahui memimpin proyek SolarCity, SpaceX, dan Hyperloop. Tesla didirikan oleh Musk dan teman-teman pada 2003, setahun setelah pendirian SpaceX.

Menurut laporan CNBC, Musk ingin membangun mobil yang berharga lebih terjangkau. Ia menggunakan Tesla untuk memasarkan produk energi berkelanjutan lainnya.

Pada 2008, Musk telah mengambil alih Tesla Motors dan menduduki jabatan sebagai CEO. Pada 2010, Tesla menjadi perusahaan milik publik. Ambisi Musk pun terus tumbuh.

Pada 2012, kekayaan bersih Musk mencapai 1 miliar dolar AS. Pada 2013, Musk meluncurkan desain untuk sistem transportasi baru yang disebut Hyperloop. [SN/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI