Nanti, Login Website Cukup Pakai Sidik Jari

Telset.id, Jakarta – Teknologi otentifikasi website terus berkembang setelah FIDO Alliance dan W3C menerapkan teknologi baru untuk otentifikasi website. Lewat teknologi ini, pengguna tidak lagi harus memasukkan password saat harus login ke sebuah website, melainkan hanya harus menggunakan sidik jari mereka saja.

Melalui FIDO Authentication, ketika pengguna mengakses seluruh website melalui browser PC atau laptop yang membutuhkan otentifikasi, mereka dapat memanfaatkan metode lain untuk login website seperti menggunakan sidik jari, pengenalan wajah menggunakan kamera, dan USB Keys.

Baca Juga: Transaksi Kartu Kredit Tak Lagi Perlu Tanda Tangan

Dilansir dari Engaget, teknologi FIDO Authentication tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengakses website saja saat harus login. Tapi teknologi itupun juga dapat mengurangi kemungkinan password disusupi oleh hacker dan digunakan untuk meretas akun pengguna di layanan online lainnya.

Teknologi ini sendiri sudah dapat digunakan oleh para pengguna browser Mozilla Firefox. Selain itu, FIDO Alliance dan W3C juga kabarnya akan segera menyematkan teknologi tersebut di beberapa browser lainnya dalam beberapa bulan ke depan seperti Google Chrome, Microsoft Edge dan Opera.

Baca Juga: Keren.. Kartu Kredit Ini juga Berfungsi sebagai Ponsel

Sedangkan untuk browser lainnya seperti Safari, masih belum jelas memutuskan apakah akan mendukung teknologi tersebut atau tidak. Seandainya teknologi otentifikasi ini sudah dapat digunakan oleh banyak pengakses internet, mereka tak perlu menghafal password lagi, karena hanya dibutuhkan satu aksi sederhana saja untuk melakukan otentifikasi. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI