Apple Siapkan 13 Emoji untuk Wakili Kaum Difabel

Telset.id, Jakarta – Apple mengajukan proposal untuk penerbitan satu set emoji baru yang mewakili kaum difabel. Emoji yang tengah digarap oleh Apple menghadirkan ikon penderita disabilitas penglihatan, pendengaran, dan motorik.

BuzzFeed News, seperti dikutip dari Engadget, melaporkan bahwa satu set emoji baru Apple meliputi orang berkursi roda, anjing penunjuk jalan, orang bertongkat, telinga beralat bantu dengar, dan kaki palsu buatan.

“Satu set emoji tersebut bukan dimaksudkan untuk menampilkan para kaum difabel di perangkat. Kami hanya ingin menghadirkan keberagaman di alam semesta emoji. Tidak lebih dari itu,” kata Apple dalam proposal Unicode Consortium.

Apple bekerja sama dengan American Council of the Blind, Cerebral Palsy Foundation, dan National Association of the Deaf untuk mengembangkan 13 emoji yang diusulkan dalam proposal Unicode Consortium tersebut.

“Saat ini, kami menghadirkan berbagai pilihan emoji, tetapi mungkin tidak mewakili pengalaman para penyandang cacat atau kaum difabel. Diversifikasi opsi akan membantu mengisi celah dan memberikan pengalaman lebih inklusif untuk semua orang,” imbuh pihak Apple.

Baca juga: Jajal AR Emoji dan Video Super Slow-Mo di Galaxy S9

Unicode Consortium telah menyetujui 157 emoji baru yang segera hadir di ponsel pada Agustus 2018. Emoji-emoji itu termasuk orang berambut merah dan superhero perempuan. Proposal Apple sekarang sedang ditinjau oleh Komite Teknis Unicode. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI