Kapal Selam Nuklir AS Dikendalikan Kontroler Xbox

Telset.id, Jakarta – Kapal selam kelas Virginia keluaran terbaru milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Colorado SSN 788, mulai aktif beroperasi. Siapa nyana, kapal selam nuklir tersebut ternyata memiliki kontroler Xbox.

Pada September 2017 lalu, Angkatan Laut AS mengatakan bahwa kapal selam baru USS Colorado SSN 788 akan dilengkapi tiang layar fotonik untuk menggantikan periskop yang terdapat di kapal-kapal selam sebelumnya.

Tiang layar fotonik dilengkapi sejumlah kamera beresolusi tinggi yang bisa berputar 360 derajat dan mengirimkan gambar ke monitor di ruang kendali.

Menurut laporan The Verge, tiang layar itu awalnya dikendalikan oleh sebuat alat layaknya pengendali di helikopter. Namun, alat tersebut ternyata berat dan tidak fleksibel.

Akhirnya, alat kendali diganti dengan kontroler Xbox 360. Menggunakan kontroler itu, Angkatan Laut AS jadi hemat biaya. Apalagi, hal serupa pernah diadopsi oleh militer negara lain.

Peresmian kapal selam USS Colorado SSN 788 dilakukan pada Sabtu (17/3) waktu AS.  Selain bertenaga dan sanggup membawa rudal nuklir, kapal tersebut juga dilengkapi dengan teknologi Stealth atau Siluman antiradar.

Kapal selam USS Colorado SSN 788 dirancang sejak 2012 di galangan General Dynamics Electric Boat di Groton.

[Baca juga: Microsoft Bikin Xbox One S Edisi Paul Walker]

USS Colorado SSN 788 dipersiapkan sebagai kapal serang cepat nuklir ke-16 dari keluarga kapal Virginia. Teknologi yang diadopsi adalah Block III. Kecepatan laju kapal selam USS Colorado SSN 788 mencapai 25 knot.

Kapal dengan dimensi panjang 115 meter dan diameter 10 meter tersebut dilengkapi reaktor nuklir sehingga tidak memerlukan pengisian bahan bakar ulang untuk pelayaran dalam kurun waktu yang telah ditentukan. [SN/HBS]

 

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI