Facebook Lite juga Ada di Negara Maju

Telset.id, Jakarta – Facebook resmi meluncurkan aplikasi versi Lite pada 2015 lampau di beberapa negara berkembang. Belum lama ini, Facebook menyatakan segera menghadirlam Facebook Lite di negara-negara maju, termasuk Amerika Serikat (AS).

Laporan Reuters menyebut, selain AS, Facebook akan membawa aplikasi Lite ke Kanada, Australia, Inggris, Jerman, Irlandia, dan Selandia Baru. Kebijakan tersebut guna memfasilitasi pengguna jika ingin mengakses Facebook dengan koneksi ringan.

“Kami melihat bahwa di beberapa negara maju pengguna juga sesekali ingin mengakses Facebook dengan jaringan internet ringan. Kami menyediakan versi Lite untuk memastikan setiap pengguna di dunia mempunyai banyak opsi dalam mengakses Facebook,” kata pihak Facebook.

Facebook meluncurkan versi Lite untuk mengakomodasi kepentingan para pemilik ponsel low-end maupun keluaran lawas. Facebook Lite dirancang bekerja di jaringan 2G. Aplikasi itu bisa didapatkan oleh pengguna di Google Play Store.

Baca juga: Facebook Lite, Khusus Ponsel Low-End

Kapasitas Facebook Lite cuma 252 KB. Facebook Lite bisa dibuka via mini browser. Sebelum di negara maju, Facebook Lite lebih dahulu tersedia di negara-negara berkembang, antara lain, Bangladesh, Nepal, Nigeria, Afrika Selatan, Sudan, Sri Lanka, Vietnam, dan Zimbabwe.

Selain Facebook Lite, ada pula aplikasi Facebook Messenger Lite. Fitur tersebut bahkan sudah bisa untuk video chatting alias mengobrol lewat tampilan video.

Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah dan cepat, yakni pilih teman di kontak lalu ketuk ikon video yang muncul di sudut kanan atas jendela obrolan.

Pengguna Facebook Messenger Lite bisa meningkatkan layanan obrolan suara ke obrolan video dengan mengetuk ikon video yang muncul di sudut kanan bawah layar. Layanan itu mulai hadir pada Rabu (7/3) lalu di perangkat Android. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI