Trik Identifikasi Akun Bot Twitter

Telset.id – Hal yang lumrah jika di Twitter, terdapat banyak akun bot yang dapat beroperasi dengan sendirinya, seperti mem-follow seseorang, membalas tweet pengguna lain,  hingga mengunggah tweet secara otomatis. Bahkan tak jarang segelintir akun ternama pun hampir sebagian besar followers-nya diisi oleh akun-akun bot untuk mendongkrak angka followers.

Ngomong-ngomong soal akun bot Twitter, kali ini Tim Telset.id akan bagikan trik untuk identifikasi akun bot Twitter dengan mudah. Trik ini bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui apakah diantara followers serta following Anda terdapat bot atau tidak. Yuk simak!

Catatan: Ada dua layanan pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan. Layanan pertama adalah Botometer dan Bot or Not.

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah akses situs Botometer.
  • Selanjutnya, Botometer akan meminta izin untuk mengakses akun Twitter Anda. Jika diizinkan, tekan tombol Authorize App.

  • Sekarang, masukkan username yang ingin Anda identifikasi apakah akun bot atau bukan, kemudian tekan tombol Check User.
  • Kami misalkan memasukkan akun “tinycarebot“. Terlihat bahwa akun tersebut kemungkinan adalah bot karena memiliki persentase sebesar 51%.

  • Kita coba lagi menggunakan akun yang telah terverifikasi seperti “BarackObama“. Terlihat lagi jika akun mantan Presiden Amerika Serikat tersebut juga adalah akun bot dengan persentase sebesar 61%.

  • Oh ya, Anda juga bisa memeriksa apakah diantara followers Anda terdapat akun bot atau tidak. Caranya, masukkan username Anda, kemudian tekan tombol Check Followers.
  • Otomatis sistem akan memindai akun-akun followers Anda, namun perlu diingat proses pemindaian ini memerlukan waktu yang cukup lama.

  • Nah jika Anda kurang nyaman dengan layanan yang mengharuskan Anda memberi izin untuk mengakses akun Twitter Anda, gunakan saja Bot or Not.
  • Caranya sama, masukkan username yang ingin Anda identifikasi dan otomatis akan langsung muncul hasil apakah akun itu bot atau tidak.

Bagaimana mudah kan caranya? Yuk coba cek followersfollowing atau bahkan akun lainnya apakah mereka bot atau tidak. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI