Review ZenFone Max Plus M1, Kuat Diajak Kerja Seharian

Kamera

ZenFone Max Plus M1 membawa kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 16MP lensa normal aperture f/2.0 dan kamera beresolusi 8MP lensa wide-angle 120 derajat yang mampu penggunanya untuk mengambil gambar dengan jangkauan yang lebih luas. Lantas bagaimana kualitasnya?

Foto yang dihasilkan sebenarnya memberikan detil yang baik dengan komposisi warna yang tak terlalu berlebihan. Tapi yang cukup mengherankan adalah lensa wide-angle pada smartphone ini seakan membawa “penyakit” serupa yang terdapat pada Asus ZenFone Max Pro yakni adanya kabut pada foto dengan warna dan intensitas cahaya yang cukup berlebihan.

Tapi hasil tersebut hanya berlaku di beberapa kondisi lingkungan pengambilan gambar saja. Misalnya saat mengambil gambar di dalam ruangan dengan paparan lampu yang cukup terang seperti pada gambar di bawah ini.

Ketika menggunakan lensa normal, hasilnya bisa dikatakan cukup baik dengan detil dan ketepatan warna yang hampir sesuai dengan “kondisi aslinya”. Namun ketika menggunakan lensa wide-angle, warna coklat pada bagian atas ruangan terlihat agak berlebihan dan ditambah dengan adanya kabut-kabut tipis berwarna putih yang berada pada objek yang sama.

Hasil yang cukup berbeda kami dapatkan saat kami mengambil gambar di luar ruangan saat malam hari dengan intensitas cahaya yang bisa dibilang kurang mendukung. Lensa wide-angle seolah kurang mengambil cahaya yang lebih banyak sehingga objek kereta tampak lebih gelap jika dibandingkan dengan gambar yang diambil menggunakan lensa normal

Namun anehnya, tak ada rona kabut seperti yang kami dapatkan seperti saat mengambil foto di dalam ruangan. Sebenarnya hasil foto di luar ruangan saat malam hari bisa dibilang memiliki kualitas yang cukup baik, meski foto kualitas foto bisa dibilang menurun akibat adanya noise yang mengganggu dalam gambar, terutama pada gambar yang diambil menggunakan lensa wide-angle.

Tapi sebenarnya jika kita mengambil gambar di lingkungan atau ruangan yang benar-benar mendukung entah itu cahayanya yang cukup, warna-warni dalam ruangan yang beragam, dan hal pendukung lainnya, hasilnya cukup baik kok.

Seperti gambar lukisan di bawah ini yang memberikan ketepatan warna yang cukup baik, begitupun dengan detilnya meski sudah kami perbesar.

Sedangkan untuk kamera depannya yang beresolusi 16MP aperture f/2.0 yang telah dilengkapi berbagai fitur seperti Beauty, HDR, Selfie Panorama hingga GIF Animation, hasilnya cukup membanggakan. Bagaimana tidak, ketika kami mengambil foto selfie saat malam hari misalnya, meski tak terdapat LED Flash, hasilnya cukup baik menurut kami.

Detil pada wajah seperti kumis, alis mata, hingga kantung mata masih terlihat dengan cukup baik meski telah diperbesar. Begitupun dengan warna kaus, warna rambut, dan wana dari berbagai objek lain yang ada di belakangnya seperti tiang berwarna merah muda. Terlihat dengan cukup baik meski perangkat ini tak membawa “status” smartphone selfie.

Berikut beberapa foto yang kami ambil menggunakan kamera Asus ZenFone Max Plus M1:

Kesimpulan

Review Asus ZenFone Max Plus M1

Harus diakui ZenFone Max Plus M1 tak cuma menawarkan kapasitas baterai yang “tahan lama” saja. Ada hal-hal lainnya yang ditawarkan smartphone ini, seperti desainnya yang kekinian dengan rasio 18:9, spesifikasi yang cukup mumpuni di kelasnya. Smartphone ini juga sudah dilengkapi kamera ganda.

Sehingga dengan harga Rp 2,7 jutaan, kami rasa ZenFone Max Plus M1 masih bisa bisa menjadi pilihan tepat bagi konsumen yang membutuhkan smartphone yang bisa digunakan hampir seharian tanpa khawatir kehabisan baterai di tengah-tengah kegiatan. Good job Asus! (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI