Review ZenFone Max Plus M1, Kuat Diajak Kerja Seharian

Layar

ZenFone Max Plus M1 mengusung layar IPS berukuran 5,7 inch beresolusi HD+ (720 x 1440 piksel). Layar itu telah dilapisi oleh panel kaca 2,5D, namun tidak untuk lapisan pelindung seperti Corning Gorilla Glass dan lainnya. Sehingga kami sarankan bagi Anda untuk segera memasangkan tempered glass atau lapisan pelindung sejenis untuk melindungi layar dari kejadian yang tak diinginkan.

Bagaimana kualitasnya? Inilah yang kami suka dari layar di beberapa smartphone Asus terkini, termasuk ZenFone Max Plus M1. Meski beresolusi HD+ saja, namun tampilan layar yang disuguhkan cukup nyaman di mata.

Kualitas layar smartphone ini ditunjang oleh hadirnya fitur Automatic Brightness yang mampu menyesuaikan intensitas cahaya layar di berbagai kondisi. Saat kami menggunakannya di malam hari dengan kondisi lampu ruangan tidak dinyalakan, layar ZenFone Max Plus M1 langsung meredupkan intensitas layar dengan cukup responsif, sehingga mata kami tidak terganggu oleh paparan cahaya yang berlebihan.

Begitupun ketika digunakan di luar ruangan dengan cahaya matahari yang terik. Layar smartphone masih terlihat dengan cukup baik, meski tak sebaik smartphone mid-end di atasnya yang punya teknologi layar lebih canggih. Namun menurut kami kualitas layar ZenFone Max Plus M1 masih dalam taraf cukup. Good job!

Kinerja

Smartphone ini ditenagai dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja. Seperti penggunaan prosesor octa-core 1.5GHz MediaTek MT6750T, GPU Mali T860 MP2, RAM 4GB, ROM 64GB, baterai berkapasitas 4,130 mAh dan telah berjalan di atas ZenUI 4.0 berbasis Android 7.0 Nougat.

Meski terbilang biasa, tapi ada kekuatan cukup besar di dalamnya yakni kapasitas baterainya yang super besar dan tahan lama. Saat kami menguji baterai menggunakan aplikasi benchmark PCMark misalnya, ZenFone Max Plus M1 mencatatkan waktu selama 12 jam 37 menit dari baterai 100% sampai 18%.

Sementara ketika kami menggunakannya secara langsung, ZenFone Max Plus M1 dengan baterai 100% bisa bertahan sampai 17 jam dengan sisa baterai sebesar 9% yang masih bisa digunakan sampai 1 jam 13 menit ke depan. Catatan tersebut juga termasuk screen-on time selama 6 jam 18 menit.

Selain baterainya yang tahan lama, smartphone ini juga bisa menjadi penolong bagi smartphone lainnya. Bagaimana tidak, ketika smartphone lain kehabisan baterai, ZenFone Max Plus M1 bisa dijadikan sebuah powerbank. Keren kan?

Berpindah ke soal kinerjanya, selama kami gunakan kurang lebih seminggu terakhir, kami cukup merasa nyaman menggunakan ZenFone Max Plus M1 untuk beragam kegiatan seperti bermain game, mengakses berbagai aplikasi media sosial, mengetik bahan tulisan, menonton film atau YouTube hingga chatting-an.

Meski memang, khusus untuk bermain game cukup berat dan dimainkan dalam jangka waktu yang cukup lama, akan terasa hawa hangat di bagian belakang smartphone yang cukup mengganggu pengalaman kami saat menggunakannya.

[Baca juga: Asus Zenfone 4 Selfie Pro vs Vivo V7+, In-depth Comparison]

Ketika hawa hangat muncul, itu juga akan berpengaruh pada kinerja smartphone yang langsung terasa cukup berat atau lag. Sehingga kami simpulkan bahwa ZenFone Max Plus M1 akan cukup kewalahan saat diajak bermain game seperti PES 2018, AoV, dan game dengan grafis cukup berat lainnya.

Tapi saat menjalankan aplikasi seperti Instagram, YouTube, Facebook, Chrome, Spotify hingga Google Docs secara bergantian, ZenFone Max Plus M1 masih bisa meng-handle-nya dengan cukup baik. Itu dibuktikan dengan rata-rata konsumsi RAM smartphone ini yang hanya sebesar 2,2GB saja dari 3,7GB yang disediakan.

Masih belum cukup, kamipun menggunakan AnTuTu Benchmark untuk menakar seberapa kuat kinerja Asus ZenFone Max Plus M1 dalam satuan angka. Hasilnya, smartphone ini catatkan skor 55.890 poin atau meninggalkan jauh performa dari Asus ZenFone Max Pro yang hanya mampu meraih skor 43.414 poin berdasarkan hasil review kami. Itu berarti, ZenFone Max Plus M1 memang mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan di sektor mesin utamanya.

Sehingga, nilai plus kami berikan untuk sisi baterainya yang bisa bertahan hampir seharian meski digunakan untuk berbagai kegiatan. Nilai yang sama juga kami berikan untuk sisi kinerjanya karena mampu bermain dengan cukup baik ketika digunakan untuk bermain game, mengakses berbagai aplikasi secara bersamaan, dan kegiatan lainnya.

Tapi memang nilai untuk kinerja bisa dikatakan tidak terlalu sempurna gara-gara Asus ZenFone Max Plus M1 akan terlihat kewalahan ketika hawa hangat mulai keluar dari body smartphone-nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Susah “Move On”, Huawei Ingin Balikan dengan Google

Telset.id, Jakarta - Bos Huawei, Richard Yu menyatakan bahwa pihaknya masih memendam keinginan untuk dapat kembali menggunakan lisensi Google...

Bukan Ponsel Flagship, LG G Series akan Ganti Nama

Telset.id, Jakarta - LG G series sejatinya smartphone yang menjadi andalan LG. Namun menurut informasi dari sumber di Korea Selatan...

Ada 2, Begini Cara Aktifkan Fitur OSIE di Oppo Reno3

Telset.id, Jakarta - Oppo memperkenalkan teknologi bertajuk OSIE di badan Oppo Reno3. OSIE sendiri, yang merupakan akronim dari Oppo...

Huawei P40 Pro jadi Smartphone Kamera Terbaik Versi DxOMark

Telset.id, Jakarta - Huawei P40 Pro dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini oleh DxOMark. Huawei P40 Pro mendapatkan skor...

Apple Watch Anyar Bakal Punya Fitur Blood Oxygen

Telset.id, Jakarta - Apple digadang-gadang tengah menggarap Apple Watch generasi ke-enam. Salah satu penambahan fitur yang ada pada smartwatch...
- Advertisement -