Sony dan EyeSight Garap Proyektor Pintar ‘Xperia Touch’

Telset.id, JAKARTA – Teknologi perangkat komputer canggih mulai memasuki era baru, dengan dikembangkannya Xperia Touch oleh Sony dan EyeSight. Perangkat apa ini?

Xperia Touch adalah proyektor canggih yang bisa dipakai untuk mengetik tanpa keyboard dan melakukan perintah dengan hanya menggerakan tangan, layaknya film fiksi ilmiah.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari berkenalan dengan EyeSight Technologies. Perusahaan startup ini membangun teknologi pengenalan isyarat untuk telepon, TV dan PC.

Selain itu, perusahaan baru ini juga membuat terobosan dengan memuat perangkat terhubung di rumah dan mobil.

[Baca juga: Jegal Samsung, Sony Perkenalkan Duo Xperia XZ2]

Awal pekan nanti, Sony dan EyeSight berencana mengumumkan teknologi proyektor portabel interaktif anyarnya yang disebut Xperia Touch.

Perangkat nirkabel ini memproyeksikan gambar ke dinding atau permukaan lainnya, dengan menggunakan sensor cahaya inframerah untuk melihat interaksi dari gerakan anda.

Jadi, Anda bisa mengiris buah di Fruit Ninja atau memainkan keyboard piano virtual diatas meja atau bahkan di lantai.

Tak hanya itu, upgrade EyeSight memungkinkan pelanggan mengendalikan konten dari jarak yang lebih jauh, tanpa menyentuh permukaan gambar yang diproyeksikan.

Xperia Touch hanya berupa satu perangkat. Namun hal itu menunjukkan bahwa industri teknologi masih berusaha keras menemukan cara yang lebih baik dan lebih alami bagi kita untuk berinteraksi dengan perangkat komputasi.

Walaupun keyboard dan mouse tidak menunjukkan tanda-tanda menghilang, tapi membuat kita tidak bisa bekerja di mana-mana, dan tidak semua orang menyukai mengetik seperti itu.

Chief Executive EyeSight Gideon Shmuel mengatakan bahwa EyeSight  sudah disiapkan menjadi fitur antarmuka pendeteksi isyarat untuk digunakan di mobil yang semakin canggih.

Posisi tangan dan gerakan bisa lebih mudah daripada layar sentuh tanpa tekstur yang harus dilihat oleh pengemudi,.

“Dengan jari Anda, Anda bisa melakukan gerakan lingkaran kecil ke kanan atau kiri untuk mengubah volume naik turun,” katanya.

EyeSight menggandeng LG Electronics, yang memasok sejumlah teknologi komputasi mobil, untuk membangun pengenalan isyarat ke kendaraan.

Dengan membuat Kamera cerdas yang mengawasi pengemudi, maka gejala pengemudi mengantuk bisa terdeteksi untuk menghindari kecelakaan.

[Baca juga: Ini Bukti Sony Siapkan Ponsel Layar OLED]

“Pemantauan pengemudi akan masuk ke pasaran akhir tahun ini. Tapi supaya bisa diaplikasikan ke mobil harus menunggu sampai 2019 atau 2020,” kata Shmuel.

Kendati demikian, belum bisa diketahui apakah teknologi itu bakalan sukses di pasaran atau tidak. Pastinya teknologi itu juga tidak menangkap TV atau PC, walaupun bisa menuai kesuksesan.[WS/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Mengekor Apple, Samsung Stop Gratiskan Power Adapter

Telset.id, Jakarta  - Samsung mengikuti jejak kompetitornya, Apple, dalam hal pengurangan kelengkapan aksesori di boks perangkat baru. Samsung tidak...

Astronot Rekam Video Komet Neowise Melayang di Atas Bumi

Telset.id, Jakarta  - Astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berhasil merekam video komet Neowise sedang melayang-layang di atas Bumi....

Oknum Karyawan Diciduk Polisi, Ini Respon Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Karyawan Telkomsel ditangkap polisi akibat membocorkan data Denny Siregar. Operator pelat merah ini menyayangkan tindakan karyawannya...

Mouse Gaming Zephyr Punya Kipas untuk Keringkan Keringat

Telset.id, Jakarta  - Mouse gaming Zephyr dilengkapi kipas bulit-in untuk keringkan keringat di telapak tangan pengguna. Yang membuat lebih...

Heboh! Lagu Nazi Viral di TikTok Ditonton 6,5 Juta Kali

Telset.id, Jakarta  - Sebuah lagu bertema Nazi mendadak viral di TikTok, dengan lebih dari 6,5 juta kali ditonton. Tak...
- Advertisement -