Netflix Bawa Pulang Oscar dari Icarus

Telset.id, Jakarta – Netflix tidak membawa pulang Oscar untuk film unggulannya Mudbound, tapi malah berhasil menggondol penghargaan untuk Icarus, sebuah film dokumenter eksplosif tentang skandal doping olahraga Rusia.

Berdasarkan informasi dari laman Engadget, film dokumenter yang disutradarai oleh Bryan Fogel ini ditayangkan perdana di festival film Sundance tahun lalu, setelah Netflix memiliki hak distribusi globalnya.

Sementara itu, film Mudbound mendapat nominasi di empat kategori, yakni Aktris Pendukung Terbaik untuk Mary J. Blige, Skenario Terbaik yang Diadaptasi, Lagu Asli Terbaik, dan Prestasi Terbaik dalam Sinematografi. Penghargaan terakhir itu juga menandai pertama kalinya seorang wanita (Rachel Morrison) dinominasikan dalam kategori sinematografi.

Selain itu, Netflix juga dinominasikan dalam kategori Dokumenter Terbaik untuk Strong Island, sebuah film yang mengeksplorasi kematian saudara laki-laki direktur Yance Ford dan rusaknya sistem peradilan yang memungkinkan pembunuhnya dibebaskan.

[Baca juga: Dikepung Pembajakan Film, HOOQ: Netflix Saja Bisa!]

Perolehan Oscar untuk film Icarus bukan kejutan besar. Sutradara film tersebut pada awalnya ingin melihat apakah dia bisa lolos dengan doping dalam olahraga profesional, namun akhirnya dia berhasil menemukan salah satu skandal olahraga terbesar yang pernah ada.

Seperti diketahui, Netflix cukup populer di Indonesia. Saat ini tayangan Netflix telah tersedia di 130 negara, dengan jumlah pelanggan mencapai hampir 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Sayangnya, layanan streaming film ini sedang dicekal oleh Telkom, yang memblokir Netflix sejak awal 2016. Pemblokiran itu dilakukan karena Netflix belum memenuhi kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kebijakan yang dimaksud adalag Netflix sebagai penyedia layanan dari luar negeri harus berbadan hukum tetap dan bekerja sama dengan operator telekomunikasi. Netflix juga dinilai tak memenuhi aturan sensor di Indonesia terhadap tayangan pornografi dan kekerasan.

Terkait dengan isu konten yang disediakan oleh Netflix, MNC Play menyatakan penyedia konten apapun dari luar negeri sudah seharusnya diatur oleh kebijakan Pemerintah Republik Indonesia, karena terkait dengan konten sehat dan aman bagi masyarakat.

[Baca juga: Netflix Diblokir, Ini Tanggapan MNC Play]

Layanan Netflix juga dinilai tidak dapat menekan pembajakan karena materi film yang dibajak adalah film yang masih atau sangat baru tayang di bioskop, sedangkan Netflix memiliki jendela tayang paling cepat 6 bulan setelah tayang di bioskop. [WS/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI