PhoneKid, Ponsel Pintar Khusus Anak

Telset.id, Jakarta – Perusahaan asal Spanyol, Escudo Web, memperkenalkan ponsel pintar khusus anak pada gelaran Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol. Namanya PhoneKid.

Dilansir dari GSM Arena, PhoneKid berjalan menggunakan sistem operasi Android. Penggunaan PhoneKid bisa dikontrol secara jarak jauh oleh para orangtua melalui sebuah aplikasi.

Via PhoneKid, para orangtua bisa membatasi akses aplikasi oleh anak-masing-masing. Mereka tinggal mengeset profil sehingga anak hanya bisa membuka aplikasi yang terdapat di dalamnya.

Sebagai misal, jika orangtua mengaktifkan Mode Studi,  anak cuma bisa membuka aplikasi pendidikan di PhoneKid.  Orangtua bisa pula memblokir Homescreen dan menggantinya dengan aktivitas lain supaya si buah hati tak sembarangan menggunakan PhoneKid.

“Anak Anda tidak dapat mematikan PhoneKid atau menonaktifkan sistem pelacakan lokasi. PhoneKid dilengkapi pula tombol bantuan SoS yang secara diam-diam akan menghubungi nomor orangtua dalam keadaan darurat,” terang pihak Escudo Web.

Saat ini, Escudo Web masih mencari rekanan untuk mengembangkan ponsel buatannya ini. Escudo Web juga terus memilah-milah, sistem operasi Android apa yang pas untuk PhoneKid.

[Baca juga: Jerman Larang Smartwatch untuk Anak, Ada Apa?]

Baru-baru ini, peneliti juga menemukan teknologi untuk membuat ponsel pintar orangtua bisa otomatis terkunci begitu mendeteksi bahwa seorang anak sedang menggunakannya.

Beberapa peneliti di University of South Carolina, Amerika Serikat, dan Zhejiang University, China, memungkinkan penerapan teknologi itu lewat algoritma baru yang diciptakan. Sayang, teknologi tersebut belum pasti diaplikasikan ke ponsel. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI