Nokia 8 Bakal Didukung Artificial Intelligence

Telset.id, Jakarta – Sebuah kabar baik disampaikan Qualcomm. Perusahaan pembuat chipset yang berbasis di San Diego, Amerika Serikat itu telah mengumumkan dukungan Artificial Intelligence Engine (AI) pada chipset buatan mereka.

Menariknya, Artificial Intelligence ini tak hanya mendukung processor mendatang Qualcomm, yakni Snapdragon 845 dan 660, tetapi juga chipset seri sebelumnya, Snapdragon 835 dan 820.

Menurut laporan NokiaPowerUser, AI besutan Qualcomm terdiri dari beberapa komponen perangkat keras dan perangkat lunak untuk mempercepat pengalaman pengguna AI berdasarkan platform mobile Snapdragon tertentu.

AI Engine akan didukung pada platform mobile Snapdragon 845, 835, 820, dan 600, dengan pemrosesan AI on-device mutakhir yang terdapat di Snapdragon 845.

[Baca juga: Waspada! Akun Game Online Dibidik Hacker]

Nah, jika mengacu pada pernyataan ini, Nokia 8 yang juga didukung Snapdragon 835 artinya memiliki kemungkinan besar untuk mengadopsi fitur serupa.

Qualcomm menyebut beberapa keunggulan dari sebagai akibat adanya AI di prosesor besutannya, termasuk membuat perangkat lebih responsive, meningkatkan privasi, dan meningkatkan performa. Qualcomm merilis daftar komponen perangkat lunak dari AI miliknya:

Kerangka perangkat lunak Snapdragon Neural Processing Engine (NPE) dirancang untuk mempermudah pengembang memilih processor Qualcomm yang optimal untuk pengalaman pengguna yang diinginkan.

Processor Vector Hexagon, GPU Andreno dan CPU Kyro dan memberi pengalaman terbaik untuk pengguna AI di perangkat mereka.

NPT Snapdragon mendukung kerangka kerja Tensorflow, Caffe, dan Caffe2, selain format pertukaran Jaringan Syaraf Tiruan Terbuka atau Open Neural Network Exchange (ONNX), menawarkan flexibilitas terbaik di beberapa platform Snapdragon dan system operasi (OS).

Dukungan untuk Adroid Neural Network API, yang pertama kali dirilis di Google Android Oreo, memberi dukungan ke pengembang akses ke platform Snapdragon secara langsung melalui system operasi Android. Dukungan untuk Android Neural Networks akan muncul pertama kali di Snapdragon 845.

[Baca juga: AI di Iklan Otomatis Google Berpotensi Masalah]

Hexagon Neural Network mengizinkan pengembang untuk menjalankan algoritma AI secara langsung pada Processor Hexagon Vector. Processor tersebut memberikan aktivtas optimal untuk blok pembelajaran mesin dan meningkatkan performa AI secara signifikan seperti kombinasi, penyatuan, dan aktivasi. [IF/HBS]

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Main Pokemon Go Bisa Turunkan Berat Badan Hingga 63,5 Kg?

Telset.id, Jakarta - Berat badan turun akibat main game, sebagian dari kita mungkin merasa ini sebagai sesuatu yang tidak...

Sah! Poco Resmi Pisah dari Xiaomi, Siapkan Poco F2

Telset.id, Jakarta - Setelah di tahun 2018 sempat disebut sebagai sub-brand Xiaomi, kini Poco akhirnya benar-benar resmi berpisah. Kabar...

Season 3 CoD Mobile Bawa Arena dan Mode Permainan Baru

Telset.id, Jakarta - Dirilis pada bulan Oktober 2019, game FPS Call of Duty Mobile terus melanjutkan kesuksesannya. Kini CoD...

Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Begini Caranya!

Telset.id,  Jakarta - Sebagian dari kita mungkin pernah dibuat penasaran oleh pesan WhatsApp yang tiba-tiba dihapus oleh pengirim, bahkan...

Louis Vuitton Garap Earphone TWS, Harganya Rp 14,8 Juta

Telset.id,  Jakarta - Earphone sepertinya tidak lagi  sekedar menjadi produk audio ataupun gadget. Lebih dari itu,  ini juga sudah...
- Advertisement -