4 Fitur Keren yang Wajib Dimaksimalkan di Nokia 8

Nokiafans.id, Jakarta – Bagi pengguna Nokia 8 anyar yang masih penasaran dengan fitur-fitur keren di perangkat ini, beberap tips dan trik berikut mungkin bisa langsung dicoba. Sementara bagi yang belum memiliki perangkat teranyar Nokia ini bisa menambah pengetahuan mengenai kelebihannya. Siapa tahu setelah ini tertarik untuk membeli.

Sekedar informasi, melansir halaman recombu, ponsel Android Nokia 8 menjalankan versi OS Android vanilla asli alias belum dipalsukan. Berikut fitur keren tersembunyi yang bisa diaplikasikan.

1. Cara menyesuaikan bilah notifikasi

Tarik ke bawah sebagian untuk mengungkapkan notifikasi yang sebenarnya, serta satu baris pintasan yang sangat praktis. Ini dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi, mengaktifkan mode Jangan Ganggu, ubah orientasi layar dan sebagainya.

Tarik sepenuhnya untuk mengungkapkan lebih banyak jalan pintas ke fitur dan alat yang berguna. Panel ini dapat disesuaikan sepenuhnya, dengan mengetuk ikon pensil di bagian atas layar saat pintasan terungkap sepenuhnya. Caranya tempel jari di salah satu ikon dan seret ke posisi yang diinginkan. Setiap jalan pintas yang tidak dibutuhkan dapat diseret ke bagian bawah layar, untuk menyingkirkannya.

Enam ikon pertama akan menjadi jalan pintas yang ditampilkan saat bilah notifikasi terungkap sebagian.

2. Hubungi Asisten Google

Tekan dan tahan jari pada tombol rumah Nokia 8, Anda akan menghubungi Google Assistant. Ini berguna saat dalam perjalanan dan tidak dapat menghabiskan banyak waktu untuk mengetik perintah, walaupun ada opsi keyboard jika berada di lingkungan yang benar-benar berisik (atau merasa sedikit mencolok jika berbicara smartphone).

Perhatikan pilihan untuk ‘Use your voice’ yang muncul di bagian atas menu pengaturan. Ketuk ini untuk mengatur Asisten sehingga muncul kapan pun Anda mengucapkan ‘OK Google’. Anda hanya perlu mengulang ungkapan tiga kali untuk mengaktifkan. Nokia 8 kemudian akan mendengarkan setiap saat untuk perintah tersebut.

3. Gunakan Smart Lock untuk melompati sensor sidik jari

Caranya masuk ke menu pengaturan dan gulir ke bawah ke opsi keamanan. Di sini ada fitur Smart Lock untuk mengatur ponsel Nokia agar tidak terkunci secara otomatis saat berada di tempat yang terpercaya, seperti rumah, saat ponsel terhubung ke perangkat Bluetooth seperti headphone, atau bahkan menggunakan kamera menghadap ke depan untuk memindai fitur wajah Anda.

Fitur Trusted Voices juga bisa dipakai untuk membuka kunci telepon dengan mengatakan ‘OK Google’, jika Anda mau.

4. Tetap up to date dengan Glance

Saat Nokia 8 berhibernasi, akan ada beberapa informasi yang muncul di layar segera setelah mengangkat telepon. Ini adalah fitur Sekilas (Glance) dan ini adalah cara praktis untuk melacak waktu, memantau tingkat baterai atau mengawasi setiap pemberitahuan baru. Karena sama sekali tidak menyalakan telepon, semua info ini tidak mengurangi daya handset.

Caranya ke menu pengaturan Nokia 8 dan mengetuk ‘Display’ diikuti dengan ‘Glace’. Pilih saja apa yang diinginkan, dan seberapa cepat layar sekilas itu harus hilang lagi atau dapat menonaktifkan fitur ini sepenuhnya jika tidak menginginkannya. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI