Wikimedia Stop Wikipedia Zero Gratis di Negara Berkembang

Telset.id, Jakarta – Wikimedia Foundation memperkenalkan Wikipedia Zero untuk pada 2012. Peluncuran tersebut digadang bisa mendemokratisasi informasi melalui konsep sederhana, yakni masyarakat di negara berkembang dapat mengakses situs via ponsel tanpa perlu menghabiskan biaya.

Wikipedia Zero adalah sebuah proyek Wikimedia Foundation untuk menyediakan akses gratis ke Wikipedia kepada masyarakat yang belum tersentuh Internet, kebanyakan di negara-negara berkembang.

Namun, tampaknya, konsep itu harus berakhir. Wikimedia telah menghentikan Wikipedia Zero dan berencana menghapusnya pada tahun ini. Wikimedia memutuskan berhenti menjalin kemitraan baru dengan operator seluler dan membiarkan kontrak berakhir sesuai waktunya.

Ada beberapa alasan kenapa Wikimedia akhirnya memilih untuk menghentikan peredaran layanannya ini. Pengetahuan publik yang rendah terhadap keberadaannya menjadi satu faktor pemicunya.

Ya, dibanding di Amerika Utara dan Eropa, banyak orang di negara berkembang tak mengenal Wikipedia.

Selain pengetahuan publik yang rendah, biaya pemakaian data ponsel serta kemunculan berbagai situs serupa juga mendorong Wikimedia untuk menutup situs .

Menurut Engadget, Wikimedia bekerja sama dengan 97 operator seluler di 72 negara berkembang guna menyediakan akses gratis Wikipedia Zero kepada 800 juta orang di dunia.

Walaupun lambat laun mulai ada peningkatan jumlah pengakses, situs ini tetap terlambat untuk diselamatkan. Wikimedia meyakini bahwa masyarakat global tetap memilih mengakses langsung halaman Wikipedia daripada Zero.

[Baca juga: Meski Murah, Manusia Ogah Naik Pesawat Tanpa Pilot]

Seiring penghentian operasional Wikipedia Zero, Wikimedia mencoba melakukan inovasi. Wikimedia berencana membuat proyek baru untuk meningkatkan tingkat ketertarikan masyarakat kepada Wikipedia lebih dari 30 persen. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI