Intip Hasil Uji Benchmark Snapdragon 845

6. Test Browser/ Javascript Engine

Browser test ini cukup jarang dilirik pengguna smartphone, tetapi sering menjadi acuan portal teknologi, karena bagaimanapun browser memegang peranan penting pada setiap smartphone.

Beberapa browser atau Javascript benchmark yang menjadi acuan biasanya Kraken dari Mozilla, Octane dari Google, SunSpider atau Jetstream.

Dan ini hasil perolehan dari Snapdragon 845 dari test yang kami lakukan:

Kraken 1.1: 2437.7 ms (lower is better)

Octane v.2: 15.656 (higher is better)

SunSpider 1.02: 411.8 ms (lower is better)

JetStream 1.1 : 85.48 (higher is better)

 

Penutup

Dari sekian banyak test yang dilakukan, secara performa keseluruhan, terlihat Snapdragon 845 memiliki kinerja yang lebih baik dibanding flaghsip chipset sebelumnya Snapdragon 835.

Salah satu kekuatan dari chipset Snapdragon selama ini terletak pada GPU grafis Adreno yang biasanya berkinerja lebih baik dibanding standar GPU dari Arm sendiri, Arm Mali, yang banyak digunakan oleh chipset lain seperti Exynos, Mediatek, dan Kirin. Kemampuan GPU Adreno 630 ini akan menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Snapdragon 845 untuk bersaing dengan chipset mobile lainnya.

Kemajuan kinerja secara keseluruhan ini juga ditunjang banyak faktor, selain Snapdragon 845 sudah menggunakan fabrikasi terbaru 10nm LPP (Low Power Plus), kehadiran cache L2 dan  L3, dan system cache menyumbang banyak dalam peningkatan kinerja.

Sekedar menaikkan angka kecepatan yang lebih, sebenarnya mudah saja untuk Qualcomm, tetapi ada hal lain yang penting dan tidak mudah dilakukan pada chipset mobile, yakni bagaimana menaikkan kinerja dengan tetap mempertahankan efisiensi penggunaan daya.

[Baca juga: Xiaomi Mi 7 akan Diotaki Snapdragon 845 dan RAM 8GB]

Dari percakapan dengan Travis Lanier, direktur senior dari produk manajemen Qualcomm dan beberapa workshop Snapdragon 845, dikatakan kali ini Qualcomm sangat memperhatikan manajemen daya. Chipset Snapdragon 845 dibuat untuk kencang sekaligus efisiensi dalam daya di semua aspek, baik dari kerja CPU, GPU, ISP, hingga sampai kebagian audio.

Dalam kunjungan kali ini ke markas besar Qualcomm, sekali lagi kita diingatkan, bahwa benchmarking hanya menyentuh sedikit aspek saja dari kemampuan keseluruhan SoC prosesor. Masih banyak fitur dan teknologi terbaru dari Snapdragon 845 yang belum tersentuh oleh benchmark, yang nanti baru bisa kita rasakan ketika mencoba smartphone yang menggunakan chipset ini sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme Masuk Top 5 Pasar Ponsel Asia Tenggara

Telset.id, Jakarta – Menurut laporan terbaru dari Counterpoint Research Market Monitor Q1 2020, realme berhasil meraih peringkat Top 5...

iOS 14 Bawa Fitur Terjemahan untuk Browser Safari

Telset.id, Jakarta  - Apple kabarnya menghadirkan fitur terjemahan bawaan (default) untuk Safari dalam pembaruan iOS 14. Selama ini, Apple...

Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy A11 dan A21s di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Samsung resmi meluncurkan dua smartphone entry level terbaru mereka di tanah air yaitu Galaxy A11 dan...

7 Game Nintendo Switch Gratis Terbaik 2020

Telset.id - Nintendo Switch menyediakan beragam game menarik bagi penggunanya. Meski sebagian besar game mesti Anda beli, tapi ada...

Atasi Jailbreak, Apple Rilis iOS 13.5.1 dan iPadOS 13.5.1

Telset.id - Apple akhirnya merilis update OS terbarunya yaitu iOS 13.5.1, iPadOS 13.5.1, dan watchOS 6.2.6, dimana update ini...
- Advertisement -