Mercedes dan Bosch ‘Drive Test’ Mobil Tanpa Awak

Telset.id, Jakarta – Rencana Mercedes dan Bosch meluncurkan mobil tanpa awak tampaknya akan segera jadi kenyataan. Volkmar Denner, dari pihak Bosch menginformasikan kepada Automobilwoche bahwa pihaknya bersama dengan Mercedes, akan segera melakukan ujicoba di jalanan publik dalam beberapa bulan ke depan.

Meski belum memberikan rincian lebih detil, namun berdasarkan informasi yang didapat, mereka telah memastikan tanggal pasti untuk segera mewujudkan ambisi mereka tersebut. Sampai saat ini, keduanya hanya berjanji untuk siap meluncurkan kendaraan nirawak sepenuhnya sebelum dekade berikutnya.

Kabar yang beredar, apa yang dilakukan oleh dua perusahaan ini hanyalah sandiwara untuk menebus waktu yang telah terbuang percuma, tapi mereka tidak punya banyak pilihan.

Ketika BMW berencana untuk menjual mobil nirawak pada 2021 mendatang dan Waymo sudah dalam tahap pemesanan ribuan unit van Chrysler, Daimler tidak memiliki alasan lagi untuk memperlambat proyek tersebut. PIlihannya hanyalah mengejar ketertinggalan atau menerima risiko yang akan datang.

[Baca juga: Ribuan Mobil Siap Dijadikan Taksi Tanpa Awak]

Daimler sangatlah bertaruh pada manfaat dan kegunaan mobil tanpa awak. Ini bukan hanya soal penggunaan, karena mereka telah merancang ini sebagai kendaraan tanpa awak sejak awal.

“Teknologi yang terpasang pada kendaraan serial,” kata Vice President Daimler, Wilko Stark.

Produksi ini dapat memberikan manfaat ergonomis dan performa yang jauh lebih baik dibanding mobil-mobil konvensional.

Pertanyaannya adalah, apakah hal itu penting atau tidak. Jika perusahaan lain telah memproduksi mobil nirawak jauh sebelum Mercedes menyatakan siap untuk memproduksi produk yang sama,  teknologi superior mungkin tidak akan berarti lagi. [WIN/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI