Wah! Kapasitas Flash Memory akan Naik Dua Kali Lipat

Telset.id, Jakarta – Smartphone kini memang telah memiliki kecepatan penyimpanan yang mampu menyaingi PC. Tapi sebentar lagi akan ada sebuah lompatan besar pada teknologi Flash Memory. Lompatan besar apa?

Joint Electron Device Engineering Council  (JEDEC) telah mengeluarkan standar kapasitas penyimpanan UFS 3.0, Chromebook, headset VR dan perangkat otomotif yang mampu melipatgandakan bandwidth UFS 2.1 hingaa 2.9 GB/s. Memang rasanya mustahil dan terdengar sebatas teori, terlebih lagi inovasi ini perlu didukung hardware.

UFS 3.0  sendiri memiliki konsumsi daya listrik yang jauh lebih rendah dan mampu bertahan di segala kondisi suhu, sungguh menjadi bonus bagi sebuah sarana aplikasi.

Semuanya ini  karena perangkat ini hanya memerlukan daya yang jauh lebih rendah untuk bisa mendukung produk terbaru dari NAND (Flash memori super kilat), sebuah fungsi baru  yang mampu meningkatkan keandalan, dan melipatgandakan kecepatan per jalur (dari 5,8 sampai 11,6 Gbps dengan maksimum di dua jalur).

Mungkin terdengar seperti mubazir dan tidak terlalu diperlukan, namun flash ini memungkinkan Anda merekam kebutuhan video rekaman beresolusi 4K pada 60fps atau bahkan 8K dengan cepat, tanpa membuat ponsel Anda jadi lemot.

Samsung juga telah menjanjikan modul penyimpanan berkapasitas 512 GB pada produk smartphone terbarunya. Itu artinya, Anda akan dapat memindahkan semua data yang Anda miliki dengan luar biasa cepat.

Bukan berarti dengan adanya standar yang baru ini, akan tersedia langsung untuk ponsel Anda – akan tetapi UFS 3.0  terbaru ini akan memerlukan waktu untuk diterapkan oleh perusahaan-perusahaan.

Perangkat Samsung mungkin bisa jadi pabrikan pertama yang bisa menyaksikan chips dan controllers menggunakan flash storing ini, mengingat Samsung adalah produsen NAND terbesar di dunia. [WIN/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI