Google Assistant Juga Hadir di Perangkat Android Go

Telset.id, Jakarta- Android Go dirancang khusus untuk dapat bekerja di ponsel dengan spesifikasi rendah, dan lebih sedikit memori, serta ruang penyimpanan data. Hari ini, Google merilis versi Google Assistant yang dioptimalkan untuk platform Android Go. Aplikasi ini sudah tersedia dan dapat  diunduh di Play Store.

Kini, pengguna yang memiliki perangkat Android Go kini dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepada Google Assistant dengan pendeteksi suara. Namun, tidak semua fitur tersedia dalam aplikasi Google Assistant yang disederhanakan ini. Termasuk fitur pengingat, fasiilitas pendukung perangkat smart home dan Actions.

Aplikasi ini sementara hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja, namun berhubung Android Go menyasar pasar internasional, kemungkinan aplikasi ini akan segera dilengkapi dengan bahasa lainnya.

Kabar ini tentu sangat menggembirakan, karena Google ternyata juga memperhatikan para penggunanya yang tidak mampu (atau tidak mau) memiliki smartphone terbaru dan tercanggih.

Tentu saja akan tetap ada pasar yang lebih memilih menggunakan perangkat yang lebih sederhana terlebih mengingat harga ponsel kini menjadi semakin mahal. Alhasil para pengguna ponsel akan cenderung bertahan dengan ponsel yang dimilikinya sejak lama.

Google memang tengah getol memperluas ekosistem Google Assistant. Sebelumnya juga diberitakan bahwa asisten pribadi berbasis Artificial Intelligence ini tidak hanya bisa berfungsi di smartphone saja, tapi juga untuk feature phone yang sama sekali tidak berjalan di platform Android.

Itu dipastikan setelah raksasa pencarian ini mengumumkan rencananya untuk menghadirkan Google Assistant pada sebuah feature phone yang beredar di India yakni Reliance JioPhone.

Dilansir dari Android Authority, JioPhone merupakan ponsel 4G yang berjalan di atas KaiOS berbasis Firefox OS. Menariknya, meski termasuk kelas feature phone, JioPhone ternyata punya asisten suara bernama HelloJio. [WIN/HBS]

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI